Apa Itu VPN (Virtual Private Network) ? Penjelasan Lengkap

by | Feb 15, 2023 | Blog, Jaringan, Teknologi | 0 comments

Seringkali banyak dari teman-teman yang paham IT tetapi tidak memahami apa itu VPN, sangat disayangkan sekali jika para antusias Teknologi tidak mengerti teknologi yang satu ini. Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan apa itu VPN ? Dengan penjelasan yang lengkap dan mudah kalian mengerti.

 

Apa itu VPN ?

apa-itu-vpn

VPN atau Jaringan Virtual Pribadi (Virtual Private Network) membuat koneksi jaringan privat antara perangkat ke perangkat lainnya melalui sambungan internet. VPN dipakai untuk mentransmisikan data secara secure atau aman dan secara tersembunyi atau bisa disebut anonim melalui jaringan publik. VPN bekerja dengan cara menyembunyikan IP Address atau alamat IP pengguna VPN serta mengenkripsi data yang ditransmisikan sehingga tidak bisa dibaca oleh firewall ataupun seseorang yang tidak mempunyai hak untuk menerimanya.

 

Apa Kegunaan VPN ?

Setelah kalian tahu apa itu VPN ? Kalian perlu tahu juga kegunaan dari VPN tersebut. Intinya VPN digunakan untuk mentransmisikan data atau mengirim data dengan aman dan anonim melalui sambungan internet. Mari silahkan lihat tiga kegunaan utama pada VPN :

 

  1. Privasi
    • Apa yang dimaksud Privasi, bayangkan jika tanpa jaringan virtual privat, data pribadi kalian seperti KTP, kata sandi, informasi nomor telepon, informasi kartu kredit, riwayat penjelajahan itu semua akan direkam dan dijual oleh seseorang yang menyalahgunakan internet. VPN memakai enkripsi untuk menjaga kemanan datanya, terutama ketika kita terhubung melalui jaringan Wi-Fi publik.
  2. Anonimitas
    • Alamat IP/IP Address berisi informasi tentang lokasi provider dan aktivitas riwayat pencarian anda. Semua situs web pada internet melacak data tersebut menggunakan cookie terkadang ada juga yang website yang meminta akses untuk memberikan lokasi kepada web/situs tersebut. Jadi intinya situs website dapat mengenali anda kapanpun ketika kalian mengunjunginya. Demikian koneksi VPN dapat mengatasi masalah tersebut dengan menyembunyikan IP Address kalian sehingga IP Adress kalian akan berubah dan menjadi anonim di internet.
  3. Keamanan
    • Teknologi VPN ini telah menggunakan kriptografi untuk melindungi koneksi internet dari seseorang yang tidak punya hak untuk menerima data. Layanan ini juga bertindak sebagai metode atau mekanisme shutdown, jika terdapat aktivitas yang mencurigakan maka secara otomatis akan menghentikan program tersebut. Ini sangat memukinkan untuk mengurangi tingkat ancaman kebobolan data. Fitur ini sangat diperlukan pada perusahaan yang bergerak dibidang perbankan.

 

Bagaimana Cara Kerja VPN ?

apa-itu-vpn

Setelah memahami Apa itu VPN dan Kegunaan VPN kalian perlu tahu cara kerjanya bukan, koneksi VPN itu mengalihkan paket-paket data yang di transmisikan dari mesin anda ke server jarak jauh diberbagai negara, sebelumnya akan dikirim ke pihak ketiga terlebih dahulu melalui internet. Adapaun prinsip-prinsip utama mencakup cara kerja VPN :

 

Protokol Terowongan

Jaringan privat virtual pada intinya membuat sebuah terowongan data yang dilapisi oleh kriptografi antara mesin lokal dengan server VPN lain yang berjarak jauh. Saat kalian Online, server VPN tersebut akan menjadi sumber dimana data anda dimuat. Bisa diartikan sebagai penyedia Layanan Internet (ISP) karena cara kerjanya seperti itu secara simpelnya, dan pihak ketiga tidak lagi dapat melihat konten apa yang sedang kamu buka dan data-data yang dikirim melalui terowongan VPN tersebut.

Enkripsi

Protokol VPN seperti IPSec akan mengacak data yang sebelumnya kalian request dari device lokal melalui terowongan VPN. IPSec merupakan rangkaian protokol untuk mengamankan komunikasi data Protokol Internet(IP) dengan cara atau metode autentikasi dan mengenkripsi masing-masing paket data yang ditransferkannya. Intinya VPN bertindak sebagai filter, yang membuat data tersebut hanya dikirimkan kepada alamat tujuan anda dengan enkripsi yang sesuai dan tidak bisa diakses oleh siapapun. Hal ini bisa mencegah penyalahgunaan data pribadi, pengambilan informasi secara ilegal, dan lain-lainnya.

 

Kesimpulan

Setelah mengerti Apa itu VPN ?, Kegunaannya, dan Cara kerjanya. Kalian jangan sampai menyalahgunakan VPN sebagai alat untuk mengakses situs-situs ilegal yang mengandung negatif seperti DarkWeb dan lain sebagainya. Gunakan lah untuk sebaik-baiknya entah itu untuk mengamankan internet kalian ataupun untuk keperluan pekerjaan kalian. Sekian Terima Kasih.

 

Artikel Lainnya :

 

Referensi

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cari

Kategori Artikel