Berapa Banyak Uang Yang Ada Di Bitcoin ?

by | Mar 19, 2024 | Blockchain, Blog, Cryptocurrency, Teknologi | 0 comments

Kapitalisasi Pasar Bitcoin

apa-yang-mendukung-bitcoin

Kapitalisasi pasar, juga dikenal sebagai nilai pasar, dari suatu aset merupakan nilai total dari semua saham atau unit aset yang beredar. Ini dihitung dengan mengalikan total pasokan aset dengan harga saat ini. Misalnya, saat ini terdapat sekitar 18,7 juta bitcoin dengan harga $43,000 per bitcoin, yang menghasilkan kapitalisasi pasar sekitar $825 miliar.

Berapa Biaya untuk Membeli Semua Bitcoin yang Ada

 

Kapitalisasi pasar adalah metrik umum yang berguna untuk mengukur ukuran relatif suatu aset, meskipun tidak memberikan gambaran yang akurat tentang biaya seluruh aset. Meskipun kapitalisasi pasar Bitcoin saat ini mencapai sekitar $825 miliar, membeli semua bitcoin dengan nilai tersebut tidaklah mungkin.

Hal ini karena tidak semua pemegang Bitcoin akan bersedia menjualnya dengan harga saat ini. Selain itu, sejumlah bitcoin diyakini hilang secara permanen karena pemegangnya kehilangan kunci pribadi atau meninggal dunia. Misalnya, Satoshi Nakamoto, pencipta Bitcoin, menghilang pada tahun 2011, dan diperkirakan meninggalkan lebih dari 1 juta bitcoin yang tidak dapat diakses. Bitcoin yang hilang ini masih dihitung dalam kapitalisasi pasar.

Jika sebuah entitas mencoba membeli seluruh pasokan bitcoin dengan nilai $825 miliar saat ini, mereka akan mulai dengan memesan pembelian sebesar $825 miliar dengan harga pasar saat ini, misalnya $43,000 per bitcoin. Namun, karena pesanan ini akan mengakibatkan kenaikan harga secara signifikan, pembeli akan terpaksa membayar harga yang semakin tinggi untuk setiap bitcoin yang berhasil dibeli, sampai seluruh dana $825 miliar habis.

apa-yang-mendukung-bitcoin

Berapa Banyak Uang di Dunia?

 

Nilai pasar ekuitas global mencapai sekitar $90 triliun, sementara aset dalam bentuk emas, perak, dan logam mulia lainnya memiliki nilai sekitar $12 triliun. Total uang beredar M2 di seluruh dunia, yang mencakup uang tunai, deposito, surat berharga, dan instrumen keuangan likuid lainnya, mencapai lebih dari $40 triliun. Nilai aset global real estat mencapai sekitar $30 triliun. Jika kita mempertimbangkan berbagai bentuk investasi lainnya, termasuk utang global dan derivatif keuangan, total kekayaan dunia diperkirakan mencapai lebih dari $1 kuadriliun, atau $1.000.000.000.000.000.

Berapa Banyak Uang Dunia yang Ada dalam Bitcoin?

 

Dalam konteks total kekayaan global, nilai Bitcoin adalah sangat kecil. Jika kita menganggap bahwa total kekayaan dunia berada di sekitar $1 kuadriliun, maka Bitcoin hanya mewakili sekitar 0,1% dari seluruh kekayaan tersebut.

Apa yang Mendorong Harga Bitcoin?

 

Ada banyak faktor yang memengaruhi harga Bitcoin, dan berbagai pelaku pasar terlibat dalam dinamika tersebut, mulai dari investor dengan kekayaan besar hingga individu dengan kepemilikan kecil. Salah satu faktor utama yang mendorong pertumbuhan Bitcoin sejak lonjakan harga pada tahun 2017 adalah harapan bahwa Bitcoin dapat berfungsi sebagai lindung nilai terhadap inflasi moneter dan sistem ekonomi yang terpusat.

“Sejumlah investor memandang Bitcoin sebagai bentuk emas digital: suatu aset non-sovereign yang menyediakan opsi pasar bebas yang terdesentralisasi terhadap kebijakan moneter bank sentral saat ini.”

Inilah alasan di balik alasan investasi investor seperti Paul Tudor Jones dan Stanley Druckenmiller, dua manajer dana lindung nilai terkenal yang mengumumkan posisi mereka pada Bitcoin pada tahun 2020.

Pada akhirnya, harga Bitcoin ditentukan oleh faktor pasar yang sama yang menentukan harga komoditas atau aset lainnya: penawaran dan permintaan. Semakin banyak pengguna yang bergabung dengan jaringan dan pasar Bitcoin, secara teoritis harga akan naik seiring waktu karena kelangkaan Bitcoin. Hanya ada 21 juta Bitcoin yang akan pernah ada, dan tingkat inflasi tahunan—jumlah baru Bitcoin yang ditambang setiap tahun—berkurang setengahnya setiap empat tahun.

Kesimpulan

 

Nilai kekayaan global diperkirakan melebihi $1 kuadriliun, sedangkan kapitalisasi pasar Bitcoin hanya sekitar $825 miliar. Dengan demikian, Bitcoin hanya mewakili sekitar 0,0825% dari total kekayaan global.

Seperti halnya emas, banyak investor menganggap Bitcoin sebagai lindung nilai terhadap kebijakan pemerintah seperti pelonggaran kuantitatif, kontrol modal, dan suku bunga negatif. Seperti emas, Bitcoin juga dianggap sebagai mata uang non-nasional.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cari

Kategori Artikel