Memodelkan Nilai Bitcoin dengan Kelangkaan

by | Mar 20, 2024 | Blockchain, Blog, Cryptocurrency, Teknologi | 0 comments

Satoshi Nakamoto mempublikasikan whitepaper Bitcoin pada 31 Oktober 2008, menghasilkan blok genesis Bitcoin pada 3 Januari 2009, dan merilis kode Bitcoin pada 8 Januari 2009. Inilah awal dari perjalanan yang mengarah ke pasar Bitcoin (BTC) hingga senilai $70 miliar pada Maret 2019.

Bitcoin merupakan bentuk digital langka pertama yang pernah ada, mirip dengan perak dan emas. Sebagai aset digital, Bitcoin dapat ditransfer melalui internet, radio, satelit, dan berbagai media lainnya.

“Dalam sebuah contoh pemikiran, bayangkan jika ada logam dasar yang memiliki kelangkaan yang sebanding dengan emas, tetapi memiliki karakteristik yang kurang menarik: warna yang membosankan seperti abu-abu, konduktivitas listrik yang rendah, kekuatan yang terbatas, dan tidak memiliki nilai praktis atau estetika yang signifikan. Namun, ada satu sifat ajaib yang istimewa: logam ini dapat ditransfer melalui saluran komunikasi.” – Nakamoto

Tentu saja, kelangkaan digital ini memiliki nilai, tetapi seberapa besar nilainya? Dalam artikel ini, saya mengevaluasi tingkat kelangkaan dengan menggunakan metode stock-to-flow, dan kemudian menggunakan metode stock-to-flow tersebut untuk memodelkan nilai Bitcoin.

Kelangkaan dan Stock-to-Flow

apa-yang-mendukung-bitcoin

Biasanya kamus mendefinisikan kelangkaan sebagai “keadaan di mana sesuatu sulit ditemukan atau diperoleh” atau sebagai “kekurangan sesuatu”.

Namun, Nick Szabo menghadirkan definisi yang lebih bermakna tentang kelangkaan: “biaya yang tidak dapat disalin”.

 

Apa persamaan antara barang antik, waktu, dan emas? Semuanya memiliki nilai tinggi, entah karena keaslian atau sejarahnya yang tak tertandingi, dan sulit untuk dipalsukan, sehingga mahal harganya. Namun, ada tantangan dalam menerapkan konsep biaya yang tidak dapat disalin ke dalam dunia komputasi. Jika tantangan ini dapat diatasi, kita dapat mencapai apa yang disebut bit gold.

Logam mulia dan barang koleksi memiliki kelangkaan yang tak tertandingi karena biaya pembuatannya yang tinggi. Hal ini telah menciptakan nilai uang yang tidak terlalu bergantung pada pihak ketiga yang dapat dipercaya. Namun, logam tidak dapat digunakan untuk pembayaran online. Oleh karena itu, akan ideal jika ada protokol yang memungkinkan penciptaan bit yang sangat berharga secara online dengan sedikit ketergantungan pada pihak ketiga yang dapat dipercaya, serta dapat disimpan, ditransfer, dan diuji dengan kepercayaan minimal yang sama. Bit emas.

Bitcoin memiliki harga yang tinggi karena membutuhkan konsumsi listrik yang besar untuk proses penambangan yang memproduksi bitcoin baru. Proses ini sulit dipalsukan dengan mudah. Ini berbeda dengan mata uang fiat dan beberapa altcoin yang tidak memiliki batasan pasokan, tidak menggunakan bukti kerja (PoW), memiliki hashrate yang rendah, atau dikuasai oleh sekelompok kecil orang atau perusahaan yang dapat memengaruhi pasokan dengan mudah.

 

Saifedean Ammous mengemukakan konsep kelangkaan dalam konteks rasio stock-to-flow (SF). Dia menjelaskan mengapa emas dan bitcoin memiliki sifat kelangkaan yang berbeda dari komoditas konsumsi seperti tembaga, seng, nikel, dan kuningan, karena memiliki SF yang tinggi.

“Pada komoditas konsumsi, peningkatan produksi dua kali lipat bisa menyebabkan stok yang ada menjadi sangat besar, sehingga menurunkan harga dan merugikan para pemegangnya. Namun, untuk emas, lonjakan harga yang disebabkan oleh peningkatan produksi dua kali lipat tidak akan signifikan, karena hanya akan meningkatkan stok sebesar 3%, bukan 1,5%. Tingkat pasokan emas yang rendah secara konsisten adalah faktor utama yang menjaga peran moneter emas sepanjang sejarah manusia. Rasio stock-to-flow emas yang tinggi membuatnya memiliki elastisitas harga penawaran yang sangat rendah.”

“Pada tahun 2017, stok Bitcoin yang ada sekitar 25 kali lebih besar daripada koin baru yang diproduksi pada tahun tersebut. Meskipun angka ini masih kurang dari setengah dari rasio emas, diperkirakan bahwa sekitar tahun 2022, rasio stock-to-flow Bitcoin akan melebihi rasio emas.”

 

Jadi, kelangkaan dapat diukur dengan menggunakan rasio stock-to-flow (SF).

SF = stok / aliran

Stok merujuk pada jumlah persediaan atau cadangan yang ada, sementara aliran mengacu pada produksi tahunan. Selain SF, orang juga menggunakan tingkat pertumbuhan pasokan (aliran/stok). Penting untuk dicatat bahwa SF dapat dihitung sebagai 1 dibagi dengan tingkat pertumbuhan pasokan.

 

Mari kita tinjau beberapa nilai SF.

memodelkan-nilai-bitcoin

Emas memiliki rasio stock-to-flow (SF) tertinggi, yaitu 62, yang berarti dibutuhkan waktu produksi 62 tahun untuk mencapai stok emas saat ini. Perak menduduki posisi kedua dengan SF 22. Tingginya SF ini menjadikan keduanya sebagai barang moneter.

 

Paladium, platinum, dan komoditas lainnya memiliki SF hampir tidak lebih tinggi dari 1. Stok yang ada biasanya sama atau lebih rendah dari produksi tahunan, sehingga produksi menjadi faktor yang sangat penting. Komoditas memiliki kesulitan untuk mendapatkan SF yang lebih tinggi karena saat ada yang menimbun, harga naik, produksi meningkat, dan harga pun turun. Mereka terjebak dalam siklus ini.

Bitcoin saat ini memiliki stok sekitar 17,5 juta koin dan pasokan sekitar 0,7 juta koin per tahun, menghasilkan SF sebesar 25. Ini menempatkan bitcoin dalam kategori barang moneter seperti perak dan emas. Nilai pasar Bitcoin pada harga saat ini adalah $70 miliar.

Pasokan bitcoin sudah ditetapkan. Bitcoin baru dibuat setiap kali blok baru terbentuk. Blok baru tercipta setiap 10 menit (rata-rata), saat penambang menemukan hash yang memenuhi Proof of Work (PoW) yang diperlukan untuk blok yang valid. Transaksi pertama di setiap blok, yang disebut coinbase, berisi hadiah blok untuk penambang yang menemukan blok tersebut. Hadiah blok terdiri dari biaya yang dibayarkan oleh pengguna untuk transaksi di blok tersebut dan koin yang baru dibuat (subsidi). Subsidi dimulai dari 50 bitcoin dan dikurangi setengahnya setiap 210.000 blok (sekitar 4 tahun). Inilah mengapa ‘halving’ sangat penting bagi pasokan uang bitcoin dan SF. Halving juga mengakibatkan tingkat pertumbuhan pasokan (biasanya disebut ‘inflasi moneter’ dalam konteks bitcoin) menjadi lebih lambat dan teratur.

memodelkan-nilai-bitcoin

Stock-to-Flow dan Nilai

 

Hipotesis dalam penelitian ini adalah bahwa kelangkaan, yang diukur dengan rasio stock-to-flow (SF), memiliki hubungan langsung dengan nilai aset. Melihat data pada tabel menunjukkan bahwa nilai pasar cenderung lebih tinggi saat SF lebih tinggi. Langkah selanjutnya adalah mengumpulkan data dan membuat model statistik.

Data yang digunakan termasuk perhitungan SF dan nilai bulanan Bitcoin dari Desember 2009 hingga Februari 2019. Jumlah blok per bulan dihitung dari blockchain Bitcoin, yang kemudian digunakan untuk menghitung aliran dan stok. Penyesuaian dilakukan untuk koin yang hilang dengan mengabaikan jumlah koin pertama yang hilang dalam perhitungan SF.

Data harga Bitcoin tersedia mulai Juli 2010. Untuk mengisi kekosongan data, harga Bitcoin pertama yang diketahui dan harga-harga awal yang diperkirakan diinterpolasi. Proses ini dapat dikembangkan lebih lanjut dengan penelitian arkeologi data di masa depan.

Selain itu, titik data untuk emas (SF 62, nilai pasar $8,5 triliun) dan perak (SF 22, nilai pasar $308 miliar) digunakan sebagai patokan untuk membandingkan dengan Bitcoin.

Model

Plot pertama menunjukkan bahwa menggunakan skala logaritmik baik untuk kedua sumbu, SF dan nilai pasar, karena rentang nilainya yang besar. Penggunaan skala logaritmik mengungkapkan hubungan linier yang bagus antara kedua variabel tersebut. Ini membantu dalam analisis data untuk memahami hubungan antara kelangkaan (diukur dengan SF) dan nilai pasar Bitcoin.

memodelkan-nilai-bitcoin

Analisis data menunjukkan hubungan yang signifikan antara kelangkaan Bitcoin (diukur dengan SF) dan nilai pasar. Meskipun terdapat faktor lain yang memengaruhi harga, kelangkaan tampak menjadi faktor dominan dalam menentukan nilai Bitcoin.

Model ini juga sesuai dengan nilai SF emas dan perak, memberikan kepercayaan tambahan pada keandalan model. Halving Bitcoin memiliki dampak besar pada kelangkaan, yang diperkirakan akan meningkatkan nilai pasar Bitcoin secara signifikan setelah halving pada Mei 2020.

Sumber dana untuk mencapai nilai pasar Bitcoin sebesar $1 triliun termasuk dari investasi emas, negara dengan suku bunga negatif, negara dengan pemerintahan yang tidak stabil, dan investor institusi yang mencari aset lindung nilai terhadap pelonggaran kuantitatif.

Model yang sama dapat digunakan untuk memprediksi harga Bitcoin berdasarkan SF, dengan perkiraan harga sekitar $55.000 setelah halving Mei 2020. Prediksi ini akan diuji oleh waktu dan dinamika pasar di masa mendatang.

memodelkan-nilai-bitcoin

Perhatikan seberapa baik model kita cocok dengan data historis, terutama dalam menggambarkan penyesuaian harga setelah halving. Penyesuaian yang cepat terjadi setelah halving pada bulan November 2012, sementara penyesuaian pada bulan Juni 2016 terjadi lebih lambat, kemungkinan dipengaruhi oleh faktor eksternal seperti persaingan dari Ethereum dan peretasan DAO.

Selain itu, ada beberapa perubahan dalam jumlah blok per bulan, terutama pada awal tahun 2009 dan selama penyesuaian tingkat kesulitan pada tahun 2011, 2015, dan 2018. Penggunaan penambang GPU dan ASIC juga memengaruhi jumlah blok yang diproduksi setiap bulan.

Penting untuk memperhatikan bagaimana model kita merefleksikan dinamika ini dalam data historis untuk memastikan kecocokan yang baik antara model dan perilaku sebenarnya pasar.

Kesimpulan

Bitcoin, sebagai objek digital langka pertama di dunia, memiliki sifat kelangkaan yang serupa dengan perak dan emas. Sifat ini memberikan nilai pada Bitcoin, meskipun besarnya nilai tersebut masih perlu ditentukan. Dalam artikel ini, kelangkaan Bitcoin diukur menggunakan metode stock-to-flow, yang juga digunakan untuk memodelkan nilai Bitcoin.

Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan secara statistik antara stock-to-flow dan nilai pasar Bitcoin. Hal ini mengindikasikan bahwa hubungan antara kelangkaan Bitcoin (yang diwakili oleh stock-to-flow) dan nilai pasar Bitcoin tidak mungkin terjadi secara kebetulan.

Selain itu, kepercayaan pada model tersebut diperkuat oleh fakta bahwa nilai model Bitcoin untuk stock-to-flow sejalan dengan nilai stock-to-flow untuk emas dan perak, meskipun pasar ketiganya sangat berbeda. Ini menunjukkan adanya konsistensi dalam model tersebut.

Model tersebut juga memprediksi bahwa setelah halving berikutnya pada Mei 2020, nilai pasar Bitcoin akan mencapai $1 triliun, yang berarti harga Bitcoin akan mencapai $55.000. Prediksi ini memberikan gambaran potensi nilai Bitcoin di masa depan berdasarkan kelangkaannya.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cari

Kategori Artikel