Mengenal Filesystem ext4, ext3, ext2 pada Linux

by | Feb 6, 2023 | Blog, FOSS, Linux | 0 comments

Sebelum kalian mengenal Filesystem ext4, ext3, ext2 pada Linux perlu kalian tahu. Ketika kalian menginstall GNU/Linux pada device kalian pasti permelihat ada format Disk ext4, ext3, ext2, pada dasarnya format disk tersebut adalah format disk yang digunakan secara default oleh sistem Linux namun apa perbedaan filesystem ketiga tersebut ?. Kita akan bahas pada artikel dibawah ini.

mengenal-filesystem-ext4

Mengenal Filesystem Ext4

Ext4 atau bisa disebut Four Extended Filesystem rilis pada saat versi kernel 2.6.28 dan jika versi distro Linux kalian memiliki versi kernel diatas atau lebih tinggi maka secara otomatisFilesystem kalian support menggunakan Filesystem Ext4 dengan catatan sudah terdapat dukungan didalam Kernelnya.

 

Kelebihan Filesystem Ext4

  • Filesystem Ext4 didukung oleh kernel 2.6.28.
  • Didesain untuk kecepatan atau performa yang lebih bagus dari Filesystem Ext3 dan Ext2.
  • Dapat meningkatkan daya tampung maksimal filesystem ke 1 Exa Byte (1,048,576 Tera Byte), dengan ukuran maksimal filesystem dengan 16 TB maksimum file size nya, kecepatan fsck jauh lebih bagus, Journal checking dan mendukung defragment disk.
  • Waktu pengecekan hardisk lebih singkat dari pada Filesystem Ext3 dan Ext2 (fsck pada Filesystem Ext3, setiap 20­30 kali mount tentunya sangat memakan waktu).
  • Berdasarkan hasil test menggunakan benchmarker, Filesystem Ext4 memiliki keunggulan performa tinggi dalam Write/Read ukuran file besar.
  • Filesystem Ext4 memisahkan filesystem lain seperti xfs, jfs, Reiserfs dan Ext3. Jika kalian menggunakan Ubuntu 9.04, filesystem Ext4 menjadi faktor utama yang mempercepat booting Ubuntu 9.04. Filesystem Ext4 juga meningkatkan umur media penyimpanan seperti SSD. Karena filesystem Ext4 tidak akan melakukan penulisan data berkali-kali layaknya Filesystem Ext3 yang menulis dan membaca file beberapa kali sehingga membuat umur disk menjadi pendek.

Mengenal Filesystem Ext3

Ext3 atau bisa disebut Third Extended Filesystem adalah journaled Filesystem, Journaled Filesystem digunakan untuk melindungi data yang ada didalamnya. Adanya Journaled Filesystem maka sistem tidak perlu mengecek kekonsistensian data pada hardisk yang mempunyai kapasitas besar tentunya ini sangat memakan waktu.

 

Ext3 rilis setelah Ext2 dimana Ext3 pastinya lebih unggul dibanding Ext2, Beberapa keunggulan dari Filesystem Ext3 adalah sebagai berikut.

 

Kelebihan Filesystem Ext3

  • Ext3 tidak support proses pengecekan filesystem(fsck), meskipun system yang belum dibersihkan mengalami “shutdown”, kecuali pada beberapa error yang terjadi pada hardware yang sangat jarang ditemui. Hal seperti ini bisa terjadi karena data write/read lalu disimpan kedalam disk dengan suatu cara kerja tertentu sehingga filesystem-nya selalu konsisten.
  • Waktu yang dibutuhkan untuk recovery data pada Ext3 filesystem setelah dan sebelum dibersihkan lalu dimatikan.
  • Tidak bergantung dari ukuran file system atau berapa jumlah filenya. Akan tetapi bergantung kepada ukuran “jurnal” yang dipakai untuk menjaga konsistensi file Jurnal dengan ukuran awal atau secara (default).
  • Membutuhkan sekitar 1 detik untuk recovery data (tergantung dari performa hardware dari device yang dimilikinya).

Mengenal Filesystem Ext2

Ext2 atau bisa disebut Second Extended Filesystem pertama kali dikembangkan dan digabungkan dengan kernel pada sebuah sistem Linux sebagai dukungan untuk Filesystem pada Linux itu sendiri. Dimana bertujuan untuk membuat suatu filesystem yang mempunyai performa bagus, yang dapat mengimplementasikan file semantik atau command dari UNIX serta memiliki advance features services.

 

Kelebihan Filesystem Ext2

  • Filesystem Ext2 mampu mendukung beberapa tipe file standar dari UNIX, seperti regular tipe file, directories, device special files, dan text symbolic links.
  • Ext2 mampu memanajemen file system yang dibuat dalam kapasitas atau ukuran disk yang besar.
  • Filesystem Ext2 bisa menghasilkan nama file yang dibilang cukup panjang. Dengan maximum 255 karakter.
  • Ext2 memerlukan beberapa privileges untuk kegunaan super user  atau bisa disebut (root).

Kesimpulan

Jadi kesimpulan yang dapat kita ambil pada artikel ini, jika kalian menggunakan GNU/Linux terbaru atau versi kernelnya lebih dari 2.6.28, lebih baik menggunakan Filesystem ext4 karena ini merupakan penyempurnaan dari file system sebelumnya dan juga mempunyai banyak kelebihan untuk kenyamanan dan kemanan pengguna Linux.

 

Artikel Lainnya Lainnya :

Referensi

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cari

Kategori Artikel