Install XMRig CPU Miner di Ubuntu 20.04

by | Mar 24, 2024 | Blockchain, Blog, Cryptocurrency, Linux, Teknologi, Tutorial | 0 comments

Sebelum membahas cara install XMRig CPU Miner kita perlu mengetahui XMRig itu sendiri. XMRig adalah perangkat lunak penambangan yang ditulis dalam bahasa pemrograman C++. Ini adalah perangkat lunak sumber terbuka yang tersedia untuk diunduh dari repositori resmi GitHub. Untuk tutorial ini, kami akan menggunakan server Ubuntu 20.04. Jika Anda menggunakan desktop Ubuntu 20.04. Jika Anda terhubung ke server Ubuntu 20.04 dari Windows, Anda dapat menggunakan Putty untuk menyambung melalui SSH. Pastikan untuk masuk dengan akun pengguna root.

Siapkan Ubuntu 20.04 untuk Menginstal XMRig CPU Miner

bengkel-ti

Sebelum memulai proses instalasi XMRig di mesin Ubuntu 20.04, langkah awal yang perlu dilakukan adalah melakukan beberapa pemeliharaan awal serta menginstal beberapa dependensi. Oleh karena itu, masuklah ke mesin Anda dan eksekusi perintah berikut untuk memperbarui cache apt.

Jalankan perintah berikut ini :

apt update

apt upgrade

Setelah itu jalankan perintah berikut ini :

apt-get install git build-essential cmake automake libtool autoconf

Jika sudah selesai kita sudah siap untuk melakukan instalasi XMRig pada Ubuntu 20.04.

Install XMRig CPU Miner on Ubuntu 20.04

    Kita akan mendownload penambang langsung dari repositori resmi GitHub. Untuk melakukan ini, kita dapat menggunakan perintah git clone. Mari kita lakukan itu sekarang.

    git clone https://github.com/xmrig/xmrig.git

    Buat direktori build dan masuk ke direktori scripts

    mkdir xmrig/build && cd xmrig/scripts

    Jalankan instali dan masuk ke direktori build sebelumnya

    ./build_deps.sh && cd ../build

    Install XMRig CPU Miner di Ubuntu 20.04

    cmake .. -DXMRIG_DEPS=scripts/deps
    make -j$(nproc)

    Proses kedua perintah tersebut akan memakan waktu lebih lama untuk diselesaikan. Setelah selesai, Anda akan siap untuk menambang Monero di Ubuntu 20.04.

    Mulai menambang Monero dengan XMRig CPU Miner di Ubuntu 20.04

     

    Jika Anda telah berhasil menyelesaikan instruksi di atas, sekarang Anda telah siap untuk menambang XMR pada mesin Ubuntu 20.04 atau Ubuntu 18.04 Anda. Ada dua metode yang dapat Anda gunakan untuk menggunakan penambang.

    Tidak disarankan untuk menggunakan baris perintah secara langsung. Kami akan meneruskan argumen langsung dari baris perintah dengan satu perintah. Di bawah ini adalah perintah yang harus digunakan.

    /root/xmrig/build/./xmrig -a cryptonight -o stratum+tcp://pool.supportxmr.com:5555 -u MoneroAddress -p MinerIdentifier:Email -t 1

    Perintah di atas akan mulai menambang Monero di supportxmr.com menggunakan 1 CPU. Anda perlu mengubah MoneroAddress, MinerIdentifier, Email, dan jumlah thread Anda dengan nilai -t di bagian akhir sesuai kebutuhan Anda.

    Metode kedua, yang lebih disukai, melibatkan penggunaan file konfigurasi JSON. Dalam metode ini, konfigurasi penambang disimpan dalam file JSON. Mari kita buat file konfigurasi ini di dalam direktori build.

    nano /root/xmrig/build/config.json

    Gunakanlah wizard konfigurasi untuk membuat konfigurasi penambang XMRig Anda. Setelah menghasilkan konfigurasi, tempelkan keluarannya ke dalam file config.json. Hasilnya seharusnya mirip dengan ini:

     

    {
    “autosave”: true,
    “cpu”: true,
    “opencl”: false,
    “cuda”: false,
    “pools”: [
    {
    “url”: “pool.supportxmr.com:443”,
    “user”: “4A5Zv5vpNcG4Tk7pF6wRHha6jZEgoF9UgFv49qijdHxeLSLYCWyCbHZA6sqBiWRSwcBcnBrJuEWxjYgtwJAQnzcT3BDvq8m”,
    “pass”: “test”,
    “keepalive”: true,
    “tls”: true
    }
    ]
    }

     

    Sekarang, untuk menutup file tersebut, tekanlah tombol Ctrl + x. Kemudian, gunakanlah perintah berikut untuk memulai penambang dan mulai menambang Monero di Ubuntu 20.04.

     

    /root/xmrig/build/./xmrig

     

    Happy Mining…

    0 Comments

    Submit a Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Cari

    Kategori Artikel