Apa Itu Spatial Computing ? Kelebihan dan Cara Kerjanya

by | Mar 26, 2024 | Blog, Computer Vision, Teknologi, Virtualization | 0 comments

Spatial Computing melibatkan digitalisasi aktivitas yang terjadi di lingkungan fisik, yang melibatkan mesin, manusia, objek, dan kondisi lingkungan. Tujuannya adalah untuk memfasilitasi dan meningkatkan tindakan serta interaksi di dalamnya. Alumni dari MIT Media Lab, Simon Greenwold, memperkenalkan istilah “spatial computing” dalam tesisnya pada tahun 2003 sebagai sebuah konsep yang belum diwujudkan. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, terjadi kemajuan teknologi yang signifikan, seperti kecerdasan buatan (AI), sensor kamera, visi komputer, Internet of Things (IoT), dan augmented reality (AR), yang memungkinkan realisasi konsep spatial computing. Peningkatan ini membuka peluang besar untuk meningkatkan efisiensi kerja, analisis data, dan optimalisasi proses dalam berbagai konteks industri.

 

Bagaimana Cara Kerja Spatial Computing?

apa-itu-spatial-computing

Sementara komputasi tradisional menggabungkan data dan logika dalam dua dimensi, Spatial Computing mengintegrasikan data, logika, dan informasi dalam konteks tiga dimensi untuk menggabungkan dunia fisik dan digital dengan lebih akurat. Ini dilakukan dengan memanfaatkan berbagai sumber data, termasuk data dari sensor Internet of Things (IoT), model tiga dimensi, dan lainnya, serta analitik yang canggih. Teknologi seperti computer vision, kamera volumetrik, dan lainnya memungkinkan penggunaan data lokasi tiga dimensi. Dengan demikian, spatial computing memungkinkan kontekstualisasi data untuk dunia tiga dimensi.

Apa manfaat komputasi spasial?

 

  • Berkolaborasi secara Real-Time
    • Kolaborasi waktu nyata mengubah interaksi manusia dengan mesin dan lingkungan, baik dalam konteks interaksi langsung maupun dari jarak jauh.

  • Pelatihan yang ditingkatkan
    • Memberikan pelatihan dan instruksi dengan mempertimbangkan konteks spasial.

  • Pelayanan pelanggan
    • Mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan konteks spasial dan berkolaborasi secara remote untuk menyelesaikannya.

  • Produktifitas
    • Temukan peningkatan efisiensi baru dalam alur kerja dan stasiun kerja melalui analisis dalam konteks spasial.

  • Mengurangi biaya
    • Meningkatkan tingkat perbaikan pertama kali dan produktivitas alat berat tanpa memerlukan kehadiran tenaga ahli.

  • Meningkatkan keberlanjutan
    • Atasi masalah produk secara remote menggunakan metaverse yang mendalam, serta untuk mengurangi insiden truk terguling dan perjalanan ke lokasi.

Apa yang dapat dilakukan komputasi spasial?

 

Dalam kapasitasnya sebagai teknologi inovatif, komputasi spasial memiliki potensi yang tak terbatas untuk meningkatkan nilai pada produk, individu, lokasi, dan proses. Di bawah ini adalah beberapa contoh aplikasi di tempat kerja industri yang diidamkan oleh PTC.

 

Integrasi yang mulus

Dengan augmented reality sebagai antarmuka yang umumnya dikenal, komputasi spasial memfasilitasi interaksi yang lebih mulus antara manusia, produk, proses, dan lingkungan fisik.

Manajemen kinerja

Meningkatkan efisiensi dalam lingkungan kerja yang kompleks dengan memperoleh pemahaman menyeluruh tentang pergerakan dalam ruang secara langsung atau dalam rentang waktu tertentu.

Pemahaman spatial

Dengan teknologi spasial, mesin dan sistem otomatisasi dapat memiliki pemahaman yang lebih baik tentang lingkungan yang berubah-ubah di sekitarnya.

Optimalkan operasi

Memahami penggunaan ruang fisik untuk meningkatkan efisiensi, pemanfaatan, dan keselamatan.

Aplikasi Industri Spatial Computing

 

Kembaran digital spasial instan

Amati bagaimana pengalaman real-time yang mendalam dapat tercipta melalui pelacakan spatial, video spatial, kerja sama, dan integrasi suara.

Pemrograman yang mudah digunakan untuk lengan robot

Telusuri bagaimana interaksi manusia dapat ditingkatkan dan didukung dengan kemampuan spasial. Dalam video ini, teknologi spasial membantu pekerja dalam mengatur pergerakan lengan robot melalui antarmuka pengguna augmented reality.

Metaverse industri

 

Metaverse industri adalah platform komputasi spasial multi-pengguna di mana data dari dunia fisik dan digital disatukan untuk mempercepat proses evaluasi. Meskipun masih dalam tahap perkembangan awal, metaverse industri yang sepenuhnya terwujud akan memfasilitasi kolaborasi real-time, konektivitas, dan pemahaman kontekstual dalam lingkungan industri, tanpa terbatas oleh lokasi fisik karyawan.

Silakan tonton video untuk melihat bagaimana pelanggan PTC, Burckhardt Compression, menggunakan teknologi metaverse industri untuk mengubah operasi layanan lapangan mereka.

Jika anda menggunakan systemD, anda harus membuat layanan untuk skrip misalnya sync.sh anda, file ini akan menjadi:

/lib/systemd/system/sync.service

Anda dapat mengedit file ini (dengan hak ‘root’ atau ‘sudo’) sehingga berisi:

 

[Unit]
Description=My Shell Script for Sync

[Service]
ExecStart=/usr/bin/sync.sh

[Install]
WantedBy=multi-user.target

 

Kemudian, anda memuat ulang daemon systemD anda (sehingga ia mengetahui bahwa layanan telah ditambahkan):

sudo systemctl daemon-reload

Kemudian anda dapat mengaktifkan layanan anda (sehingga akan diluncurkan pada setiap permulaan sistem:

sudo systemctl enable sync.service

Kemudian anda dapat memulainya secara manual sehingga akan langsung dimulai, tanpa menunggu sistem restart berikutnya :

sudo systemctl start sync.service

Dan tentu saja, anda dapat mengubah nama layanan anda sesuai keinginan anda.

Spatial Computing di pabrik

 

Teknologi spasial memungkinkan perusahaan industri untuk:

  • Penemuan: Mengonversi aktivitas manusia, mesin, objek, dan lingkungan menjadi format digital untuk mengidentifikasi interaksi dan keterkaitan yang signifikan.
  • Interaksi: Memfasilitasi keterhubungan yang mulus antara dunia fisik dan digital, memungkinkan interaksi yang harmonis antara manusia, mesin, objek, dan lingkungan.
  • Optimisasi: Menggunakan analitik untuk secara dinamis dan terus-menerus meningkatkan proses di antara manusia, mesin, objek, dan lingkungan untuk mencapai efisiensi maksimum.

Analisis Spatial Computing

 

Alat analisis spasial membantu menempatkan masalah dalam konteks dan memfasilitasi pemahaman yang lebih intuitif untuk menyelesaikan masalah dalam alur kerja pabrik. Data dikontekstualisasikan dalam ruang, memungkinkan wawasan yang mudah diperoleh baik secara real-time maupun dari waktu ke waktu. Analisis spasial dapat menjawab pertanyaan kunci dalam upaya pengoptimalan, seperti studi waktu dan gerak atau kesehatan dan keselamatan. PTC tengah mengembangkan alat analisis spasial berikut:

Analisis Gerak Spasial: Studi tentang waktu dan gerak mengalami perubahan secara real-time dan berkelanjutan. Saat pekerja garis depan bergerak di sepanjang lingkungan, analisis ergonomi dilakukan secara langsung menggunakan skala Rapid Entire Body Assessment (REBA). Setelah prosedur kerja dan pencatatan selesai, data tersedia dalam urutan waktu yang dapat digunakan untuk mendapatkan wawasan ergonomis dan menghitung waktu kerja standar melalui pemeriksaan jalur gerak. Dari analisis ini, akan muncul peluang untuk mengoptimalkan proses atau tata letak pabrik dan mengidentifikasi cara meningkatkan kesehatan dan keselamatan pekerja.

Pengukuran Spasial: Jenis analitik ini digunakan untuk menentukan jarak yang tepat di seluruh lingkungan 3D. Untuk meningkatkan aplikasi ini, model 3D dapat diakses dalam CAD dan ditampilkan dalam ruang.

 

Multitasking Spasial: Mengingat kompleksitas dinamika di pabrik, sering kali kita perlu menjalankan beberapa alat analisis sekaligus untuk mendapatkan gambaran yang komprehensif. Dengan multitasking spasial, jejak digital permanen dihasilkan dan disimpan dalam dasbor yang mudah diakses, dapat diakses kembali pada sesi berikutnya, dan diakses oleh kolaborator resmi lainnya.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cari

Kategori Artikel