Perbedaan Private Cloud dan Public Cloud

by | Feb 12, 2023 | Blog, Teknologi | 0 comments

Di era saat ini perkembangan Informasi Teknologi sangat berkembang pesat dimana banyak perusahaan-perusahaan yang sudah menerapkan Cloud Computing, sehingga perusahaan tidak perlu khawatir lagi dengan biaya perawatan fisik, membangun jaringan server, maintenance hardware, biaya operasi server, dan lain-lainnya. Sehingga perusahaan bisa fokus terhadap bisnis nya. Dengan menggunakan Cloud Computing perusahaan tidak lagi bingung akan hal masalah biaya operasi, perawatan, maintenenace dan lain-lainnya serta dapat mengefisiensikan pekerjaan tentunya sangat bagus karena bisa meminimalisir pengeluaran. Kalian tahu bahwa didalam Cloud Computing terdapat perbedaan yang perlu kalian ketahui yaitu ? Perbedaan Private Cloud dan Public Cloud. Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan perbedaan antara kedua Cloud tersebut.

 

Perbedaan Private Cloud dan Public Cloud

Private Cloud

perbedaan-private-cloud

Private Cloud adalah layanan Cloud Computing dimana layanan private cloud dikelola secara eksklusif untuk satu perusahaan ataupun organisasi. Dengan adanya private cloud pada organisasi atau perusahaan, perusahaan atau organisasi dapat mengakses layanan cloud seperti penyimpanan data, virtual jaringan, komputasi atau bisa disebut VPS sesuai dengan keinginan perusahaan atau organisasi.

 

Keuntungan dari private cloud yaitu bahwa organisasi atau perusahaan memiliki lebih banyak akses atas infrastruktur cloud yang dimilikinya serta menjamin keamanan data dan privasi data. Tetapi, private cloud biayanya lebih mahal daripada public cloud karena organisasi atau perusahaan harus mengelola atau merawat serta mempertahankan infrastruktur private cloud itu sendiri.

 

Resource private cloud terisolasi dan dikirim melalui private network yang aman dan tidak dibagikan dengan pengguna lain. Bagusnya private cloud adalah bisa memenuhi kebutuhan bisnis dan keamanan data sesuai keinginan dari organisasi atau perusahaan.sebagai contoh layanan Private Cloud adalah SaaS, PaaS dan IaaS.

 

Public Cloud

perbedaan-private-cloud

Public Cloud adalah jenis layanan cloud computing dimana penyedia layanan cloud computing memberikan hak akses kedalam infrastruktur cloud kepada publik secara umum. Dengan adanya public cloud, pengguna atau user dapat menggunakan berbagai layanan cloud, seperti penyimpanan data, virtual jaringan, dan komputasi atau bisa disebut Server komputasi, yang dapat diakses dari internet. Keuntungan menggunakan public cloud yaitu user/pengguna bisa mengakses layanan cloud dengan mudah dan cepat, serta hanya perlu membayar layanan yang mereka gunakan.

Beberapa industri seperti bank, pemerintahan, hingga badan penelitian yang memiliki kerahasiaan data maka akan berpikir menggunakan public cloud dimana tidak dapat memenuhi kebutuhan industri atau organisasi serta aturan-aturan tertentu tentang jaminan keamanan data.

Private Cloud

  • Hanya diakses oleh organisasi terkait.
  • Kontrol penuh juga ada di penggunanya.
  • Keamanan lebih variatif sesuai keinginan penggunanya.
  • Biaya lebih tinggi.

Public Cloud

  • Dapat diakses oleh banyak organisasi.
  • Kontrol penuh di penyedia terkait.
  • Keamanan dikelola penyedia terkait.
  • Biaya lebih hemat.

Sekian itu saja perbedaan private cloud dan public cloud, menurut teman-teman bagaimana silahkan teman-teman pilih sendiri mana yang lebih efisien untuk digunakan tentunya menyesuaikan situasi teman-teman di pekerjaannya. Terima Kasih

 

Artikel Lainnya :

 

Referensi

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cari

Kategori Artikel