Mengatasi Audio Mati pada Kali Linux Rolling 2019

by | Feb 18, 2023 | Blog, FOSS, Linux, Solved | 0 comments

Mengatasi audio mati pada Kali Linux Rolling yang dimana bug ini ditemukan pada Linux Kali yang rilis pada tahun 2019 ini terjadi karena pulseaudio pada kali linux tersebut sehingga tidak dapat mengeluarkan suara atau bisa disebut audio mati. Karena Kali Linux sekarang sudah update dan sudah diperbarui secara keseluruhan pada tahun 2022 maka dari itu mungkin solusi ini akan berguna untuk teman-teman yang masih menggunakan Kali Linux tahun 2019 atau sebelumnya, dengan artikel ini saya berharap tutorial mengatasi audio mati pada kali linux tahun 2019 dapat memberikan kalian solusi yang tepat.

 

Mengatasi Audio Mati Kali Linux

mengatasi-audio-mati

Pertama, kita semua hentikan proses yang menjalankan atau pendukung audio pada sebuah sistem. Pada kasus ini kalian hentikan proses aplikasi pulseaudio.

sudo killall pulseaudio

Setelah itu, kalian hilangkan semua paket yang berhubungan atau saling keterkaitan dengan pulseaudio. Jalankan perintah dibawah ini untuk mempurge paketnya.

sudo apt-get purge pulseaudio pulseaudio-utils gstreamer0.10-pulseaudio paman pavumeter pavucontrol

Kita gunakan purge bukan remove karena purge bertujuan untuk menghapus semua paket beserta konfigurasinya yang masih tersimpan.

 

Selanjutnya, kita akan menggunakan paket alternatif dari pulseaudio yang tadi kita hapus. Disini kita gunakan Alsa. Install Alsa beserta library dependensinya dengan menjalankan perintah berikut.

sudo apt-get install alsa-base alsa-tools alsa-tools-gui alsa-utils alsa-oss alsamixergui libalsaplayer0

Setelah Alsa terinstall, kita akan membutuhkan aplikasi lain untuk mengontrolnya atau mengkonfigurasinya. Disini saya menggunakan Kmix. Langsung saja kita install Kmix dengan menjalankan perintah ini.

sudo apt-get install kmix

Selanjutnya reboot/restart sistem agar kmix dan alsa di bisa diload ketika booting. Setelah kmix sudah terinstall, kita bisa menginstall kembali pulseaudio.

sudo apt-get install pulseaudio

Terakhir yang perlu kalian install adalah gnome-core. Library tersebut memberikan komponen dukungan dan dependensi yang mugkin kurang pada alsa dan pulseaudio serta dibutuhkan juga oleh Desktop Environment Kali Linux.

sudo apt-get install gnome-core

Done, bagaimana cara mengatasi audio mati pada Kali Linux 2019 cukup itu saja artikel kali ini yang dibahas semoga bisa mengatasi audio mati pada Linux Kali kalian.

 

 Artikel Lainnya:

 

Referensi

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cari

Kategori Artikel