AWS Data centers : AWS Global Infrastructure

by | Apr 1, 2023 | Amazon Web Services, Blog | 0 comments

Fondasi untuk infrastruktur AWS adalah pusat data atau bisa disebut AWS data centers.

AWS Data Center

Pelanggan tidak menentukan data pusat atau data center penyebaran sumber daya. Sebaliknya, Availability Zone adalah tingkat yang paling terperinci spesifikasi yang dapat dibuat oleh pelanggan. Namun, pusat data adalah lokasi di mana sebenarnya data berada. Amazon mengoperasikan pusat data canggih dengan ketersediaan tinggi. Meski jarang terjadi kegagalan, kegagalan dapat terjadi yang dapat memengaruhi ketersediaan instance di lokasi yang sama. Jika kalian meng-host semua milik instance kalian di satu lokasi yang terpengaruh oleh kegagalan tersebut, tidak satu pun dari instance kalian yang tersedia akan terpengaruh.

Pusat data dirancang dengan aman dengan mempertimbangkan beberapa faktor :

Setiap lokasi dievaluasi secara hati-hati untuk memitigasi risiko lingkungan atau bencana alam.

  • Pusat data memiliki desain redundan yang mengantisipasi dan mentolerir kegagalan serta mempertahankan tingkat layanan.
  • Untuk memastikan ketersediaan, komponen sistem penting dicadangkan di berbagai Availability Zones.
  • Untuk memastikan kapasitas, AWS terus memantau penggunaan layanan untuk menerapkan infrastruktur mendukung komitmen dan persyaratan ketersediaan.
  • Lokasi pusat data tidak diungkapkan dan semua akses ke sana dibatasi.
  • Jika terjadi kegagalan, proses otomatis memindahkan lalu lintas data dari area yang terpengaruh. AWS menggunakan peralatan jaringan khusus yang bersumber dari beberapa produsen perangkat asli (ODM). ODM mendesain dan membuat produk berdasarkan spesifikasi dari detik perusahaan. Perusahaan kedua kemudian mengubah merek produk untuk dijual.

Point of Presence

aws-data-centers

 

Amazon CloudFront adalah jaringan pengiriman konten (CDN) “Content Network Delivery” yang digunakan untuk mendistribusikan konten ke pengguna akhir untuk mengurangi latensi. Amazon Route 53 adalah layanan Domain Name System (DNS). Permintaan akan salah satu dari layanan ini akan dialihkan ke lokasi tepi terdekat secara otomatis untuk latensi lebih rendah.

Titik Kehadiran AWS terletak di sebagian besar kota besar di seluruh dunia. Oleh karena itu terus mengukur konektivitas internet, kinerja, dan komputasi untuk menemukan yang terbaik cara untuk merutekan permintaan, Points of Presence memberikan pengalaman pengguna mendekati waktu nyata yang lebih baik. Mereka digunakan oleh banyak layanan AWS, termasuk Amazon CloudFront, Amazon Route 53, AWS Shield, dan layanan AWS Web Application Firewall (AWS WAF).

Cache edge regional digunakan secara default dengan Amazon CloudFront. Cache tepi regional adalah digunakan ketika pengguna memiliki konten yang tidak sering diakses untuk tetap berada di edge lokasi. Penghubung tepi regional menyerap konten ini dan memberikan alternatif untuk konten tersebut harus diambil dari server asal.

Artikel Lainnya :

Referensi

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cari

Kategori Artikel