AWS Global Infrastructure

by | Mar 29, 2023 | Amazon Web Services, Blog | 0 comments

AWS Global Infrastructure atau Infrastruktur Glbal AWS dirancang dan dibangun untuk menghadirkan sistem yang fleksibel, handal, dapat diskalakan, dan aman lingkungan komputasi awan dengan kinerja jaringan global berkualitas tinggi.

AWS terus memperbarui jejak infrastruktur globalnya. Kunjungi salah satu halaman web berikut untuk saat ini informasi infrastruktur.

aws-global-infrastructure

AWS Regions

aws-global-infrastructure

AWS Regions adalah wilayah geografis, sebagai contoh gambar diatas adalah wilayah Jakarta/Indonesia.

  • Replikasi data lintas Wilayah adalah dikendalikan oleh user sendiri.
  • Penggunaan komunikasi antar Region menggunakan Infrastruktur jaringan backbone AWS.
  • Setiap Wilayah menyediakan redundansi penuh dan konektivitas ke jaringan.
  • Suatu Wilayah biasanya terdiri dari dua atau lebih Zona Ketersediaan (Availability Zone).

AWS Cloud Infrastructure atau Infrastruktur Cloud AWS dibangun di sekitar Wilayah atau bisa disebut Region. AWS memiliki 22 Wilayah di seluruh dunia. Sebuah AWS Wilayah adalah lokasi geografis fisik dengan satu atau lebih Availability Zone. Zona Ketersediaan pada gilirannya terdiri dari satu atau lebih pusat data.

Untuk mencapai toleransi kesalahan dan stabilitas, Region diisolasi satu sama lain. Sumber daya dalam satu Wilayah tidak secara otomatis direplikasi ke Wilayah lain. Saat user menyimpan data secara spesifik Region, tidak direplikasi di luar Region itu.

User atau pengguna bertanggung jawab untuk mereplikasi data di seluruh Wilayah, jika bisnis tersebut memerlukannya.

Wilayah AWS yang diperkenalkan sebelum 20 Maret 2019 diaktifkan secara default. Region itu diperkenalkan setelah 20 Maret 2019 seperti Asia Pasifik (Hong Kong) dan Timur Tengah (Bahrain)—dinonaktifkan secara default. Sebagai user atau pengguna harus mengaktifkan Wilayah ini sebelum dapat menggunakannya. Juga dapat menggunakan AWS Management Console untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Wilayah/Region.

Beberapa Wilayah memiliki akses terbatas. Akun Amazon AWS (China) menyediakan akses ke Wilayah Beijing dan Ningxia saja. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang AWS di China, lihat: https://www.amazonaws.cn/en/about-aws/china/. Wilayah AWS GovCloud (AS) yang terisolasi adalah dirancang untuk memungkinkan agen pemerintah AS dan pelanggan memindahkan beban kerja sensitif ke dalam cloud dengan menangani persyaratan peraturan dan kepatuhan khusus.

Selecting a Region

aws-cloud-infrastructure

Ada beberapa faktor yang harus di pertimbangkan saat memilih region atau region yang optimal tempat pengguna atau pelanggan menyimpan data dan menggunakan layanan AWS.

Salah satu pertimbangan penting adalah tata kelola data dan persyaratan hukum. Hukum setempat mungkin mengharuskan bahwa informasi tertentu disimpan dalam batas-batas geografis. Undang-undang tersebut mungkin membatasi region tempat kalian dapat menawarkan konten atau layanan. Misalnya, pertimbangkan Uni Eropa (UE) Arahan Perlindungan Data.

Semuanya sama, umumnya diinginkan untuk menjalankan aplikasi dan menyimpan data di dalam file region yang sedekat mungkin dengan pengguna dan sistem yang akan mengaksesnya. Ini akan membantu pengguna mengurangi latensi. CloudPing adalah salah satu situs web yang dapat digunakan untuk menguji latensi antara lokasi Cloud anda dan semuaregion AWS. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang CloudPing, lihat: http://www.cloudping.info/.

Perlu diingat bahwa tidak semua layanan tersedia di semua region. Untuk mempelajari lebih lanjut, lihat: https://aws.amazon.com/about-aws/global-infrastructure/regional-product- layanan/?p=tgi&loc=4.

Terakhir, ada beberapa variasi dalam biaya menjalankan layanan, yang dapat bergantung pada region mana kalian memilih. Misalnya, saat tulisan ini dibuat, menjalankan Amazon ukuran t3.medium Sesuai Permintaan Instance Linux Elastic Compute Cloud (Amazon EC2) di Wilayah AS Timur (Ohio) berharga $0,0416 per jam, tetapi menjalankan instance yang sama di region Asia Pasifik (Tokyo) dikenai biaya $0,0544 per jam.

Availability Zones

infrastruktur-cloud-aws

Setiap region AWS memiliki beberapa lokasi terisolasi yang dikenal sebagai Availability Zone.

Setiap Availability Zone memberikan kemampuan untuk mengoperasikan aplikasi dan database yang lebih banyak sangat tersedia, toleran terhadap kesalahan, dan dapat diskalakan daripada yang dilakukan dengan pusat data tunggal. Setiap Availability Zone dapat menyertakan beberapa pusat data (biasanya tiga), dan dalam skala penuh, pusat tersebut dapat mencakup ratusan ribu server. Mereka adalah partisi yang sepenuhnya terisolasi dari AWS Global Infrastruktur. Availability Zone memiliki infrastruktur daya sendiri, dan secara fisik terpisah beberapa kilometer dari Availability Zone lainnya, meskipun semua Availability Zone demikian dengan dalam jarak 100 km satu sama lain.

Semua Availability Zone saling terhubung dengan jaringan bandwidth tinggi dan latensi rendah secara penuh redundan, serat khusus yang menyediakan throughput tinggi di antara Availability Zone. Jaringan tersebut menyelesaikan replikasi sinkron antara Availability Zone.

Availability Zone membantu membangun aplikasi dengan ketersediaan tinggi. Saat aplikasi dipartisi di seluruh Availability Zone, perusahaan lebih terisolasi dan terlindung dari masalah seperti petir, tornado, gempa bumi, dan banyak lagi.

Anda bertanggung jawab untuk memilih Availability Zone tempat sistemnya berada. Sistem dapat menjangkau beberapa Availability Zone. AWS merekomendasikan replikasi di seluruh Availability Zone untuk jangkauan. Kalian harus merancang sistem untuk bertahan dari kegagalan sementara atau berkepanjangan.

Artikel Lainnya :

Referensi

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cari

Kategori Artikel