Apa itu Artificial Intelligence ? Hubungan AI, ML, DL

by | Oct 25, 2021 | Artificial Intelligence, Blog, Computer Vision, Teknologi | 0 comments

Apa itu Artificial Intelligence ? Artificial Intelligence adalah kecerdasan buatan yang ditanamkan pada suatu mesin komputer dan berbeda dengan kecerdasan manusia, kecerdasan manusia itu disebut dengan kecerdasan alami (natural intelligence). Contoh teknologi AI mulai dari komputer bermain catur dan juga AlphaGo semua mengandalkan machine learning atau deep learning. Dengan ini komputer akan dilatih untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu dengan jumlah data yang besar.

Pencetus Artificial Intelligence pertama adalah John McCarthy dia adalah seorang ilmuan komputer dari Amerika Serikat pada tahun 1956 ketika masih mengajar di Dartmouth Conference. Pada tahun 1958 dia menciptakan bahasa pemrograman LISP dan bahasa LISP digunakan sebagai bahasa pemrograman AI sejak dulu, kalau sekarang banyak sekali bahasa pemrograman yang sudah mendukung.

Pada dasarnya Artificial Intelligence didalamnya terdapat metode pembelajaran dibagi menjadi 2 bagian yaitu Machine Learning dan Deep Learning.

Hubungan Artificial Intelligence dengan Machine Learning dan Deep Learning

apa itu artificial intelligence

Kita kaitkan antara machine learning dan deep learning

  • Machine Learning adalah bagian dari Artificial Intelligence
  • Machine Learning mengacu pada sistem AI dimana dapat belajar sendiri berdasarkan algoritma dan machine learning ini dapat mencipatakan kecerdasan melalui proses belajar dan ada juga yang tidak melalui proses pembelajaran. Contoh komputer Deep Blue buatan IBM yang mengalahkan Garry Kasparov, jadi komputer ini sudah melakukan permainan berulang-ulang dan menghasilkan pattern atau pola yang baru.
  • Deep Learning pada dasarnya itu adalah machine learning tetapi lebih spesifik machine learning yang diterapkan dengan kumpulan data yang besar atau disebut big data.
  • Machine Learning belajar dan meningkatkan kecerdasan buatan secara otomatis dengan belajar terus-menerus tanpa diprogram secara eksplisit. Maksud dari tanpa program secara eksplisit adalah algoritma yang digunakan berbeda dengan algotirma pada umunya yang dipakai oleh para programmer untuk menyelesaikan masalah.
  • Dan Artificial Intelligence adalah teknologi yang berjalan diatas mesin komputer.

Mengenai apa itu Artificial Intelligence sudah saya jelaskan diatas, mengenai perbedaan machine learning dan deep learning saya bahasa pada artikel berikutnya.“Terima Kasih”

Baca Artikel Lainnya :

Referensi

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cari

Kategori Artikel