Teknologi AI Training Server yang dibuat oleh Huawei

by | Oct 21, 2021 | Artificial Intelligence, Blog, FOSS, Others | 0 comments

Beberapa waktu lalu Perusahaan Huawei merilis teknologi AI Training dimana teknologi tersebut berupa server cluster yang besar dengan spesifikasi yang sangat tinggi sebanding dengan 500.000 super computer. Memperkenalkan cluster pelatihan AI tercepat di dunia, yaitu Atlas 900. Dan berisi ribuan prosesor Ascend 910 AI, juga mengintegrasikan antarmuka HCCS, PCIe 4.0, dan 100G RoCE untuk sepenuhnya membuka kekuatan komputasi Ascend 910. Dibanding dengan produk peringkat kedua, Atlas 900 bisa menuntaskan pelatihan model 15% lebih kilat. Skenario ini ditujukan untuk Deep Learning Training, Eksplorasi Astronomi, dan Eksplorasi Minyak.

teknologi-ai-training

Atlas 900 membagikan hingga 256–1024 PFLOPS di FP16, setara dengan energi komputasi 500.000 Komputer. Hasil pengujian menampilkan kalau Atlas 900 bisa menuntaskan pelatihan model berbasis ResNet-50 dalam waktu 60 detik, 15% lebih kilat dari produk terbaik selanjutnya. Ini berarti pelatihan model AI yang lebih kilat dengan gambar serta perkataan, eksplorasi astronomi serta minyak yang lebih efektif, ramalan cuaca, serta time to market (TTM) yang lebih kilat untuk mengemudi secara otonom.

Teknologi AI Training ini akan mentraining kehidupan manusia, objek, benda dan menerapkannya pada mesin istilah ini desebut deep learning dimana data diproses dan dianalisis untuk mencapai output yang diinginkan.

Ini menjadi terobosan bagi dunia untuk menjadi negara yang serba teknologi AI apalagi Indonesia diprediksi pada tahun 2045 AI akan mengambil alih beberapa sektor pekerjaan, banyak juga pro dan kontra antara lain :

  • AI akan mengambil alih pekerjaan manusia
  • Banyak orang yang akan mengalami pengangguran
  • Dampak dari penggunaan teknologi AI
  • Hilangnya privasi warga (Contoh : di negara China semua penduduk menggunakan Social Credit System)

Ada juga dampak baik bagi manusia :

  • Membuka lapangan perkerjaan baru
  • Mempercepat pekerjaan dan menyingkat waktu
  • Negara akan maju dengan adanya teknologi baru
  • Semakin maju teknologi, pendidikan juga akan lebih maju untuk mengikuti perkembangan
  • Belajar lebih mudah bagi orang cacat menggunakan teknologi
  • Dengan teknologi untuk membantu permasalahan manusia

Dari pro dan kontra diatas sebenarnya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Menurut pemikiran saya menyikapi banyak orang mengalami pengangguran itu disebabkan oleh tingkat SDM yang menurun, sejak zaman dulu pertama kali di negara Amerika transportasi masih menggunakan kuda sehingga menjadikan lapangan pekerjaan baru seperti jasa pemandian kuda, jasa transportasi, jasa sewa kuda, dan lain-lainnya. Dan seiring berjalannya waktu tibalah alat transportasi baru sebagai contoh kereta dimana akan berangsur-angsur menghilangkan pekerjaan sebelumnya dan membuat lapangan pekerjaan baru. Dan seperti itulah dunia berputar inti dari permasalahan ini adalah pada tingkat SDM (Sumber Daya Manusianya) yang harus ditempa lebih keras untuk mengikuti kemajuan teknologi. Tetapi jika teknologi sudah lebih cerdas dari pada pembuatnya disitulah yang membuat khawatir bantak peneliti.

Tech to Improve Everyone’s Life

Baca Artikel Lainnya :

Resources

Referensi

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cari

Kategori Artikel