TCP vs UDP : Pengertian, Cara Kerja, dan Perbedaan

by | Jan 7, 2021 | Blog, Jaringan, Modul, Teknologi | 0 comments

Taukah kalian bahwa TCP dan UDP itu sama tetapi berbeda konsep, kenapa UDP lebih unggul kecepatannya dari pada TCP ?, Apa itu TCP ?, Apa itu UDP ?, dan perbedaan TCP dan UDP apa ? Mari kita pahami dibawah ini.

tcp-vs-udp
Sumber : https://twitter.com/nixcraft/status/1443654451059826689 “LisanneWaifu”

Pengertian TCP vs UDP

Apa itu TCP ?

TCP (Transmission Control Protocol) adalah protokol yang mentransfer data kalian melalui jaringan menggunakan connection-oriented dimana harus menggunakan koneksi yang valid antara server dan klien harus saling menyetujui sebelum data dikirim, protokol ini pada umunya digunakan ketika seseorang mengirim email menggunakan SMTP, melakukan meeting online, mengirim file menggunakan FTP, meremote server menggunakan SSH, dan membuka website menggunakan protokol HTTP.

Apa itu UDP ?

UDP (User Datagram Protocol) adalah protokol yang tidak memiliki koneksi atau disebut connectionless. UDP menggunakan konsep dimana jika klien melakukan pengunduhan data tidak memerlukan handshake atau koneksi yang valid dan data yang diberikan oleh server sesuai data yang diminta oleh si klien. Setelah memahami apa itu TCP ? dan apa itu UDP ? kita akan memahami cara kerja TCP vs UDP.

Cara Kerja TCP dan UDP

TCP

TCP sudah umum dan digunakan dalam jaringan internet dan berkaitan erat dengan TCP/IP bekerja sama dalam komunikasi data.

1. TCP memberikan setiap baris paket data dengan nomor urut dan label atau tanda pengenal yang unik. Sehingga klien akan mengerti paket yang sedang diterima dan yang akan diterima.

2. Setelah paket diterima oleh klien dengan benar sesuai dengan nomor urutannya. Klien akan memberitahukan ke server bahwa paket data sudah diterima.

3. Sekarang, server bisa mengirim paket data lainnya.

4. Jika paket data yang dikirim dari server salah atau urutan paketnya salah, klien tidak akan mengirim pemberitahuan sehingga paket data dikirim ulang oleh server.

apa-itu-tcp
Sumber : https://nordvpn.com/

Karena paket data yang dikirim itu berurutan, maka aliran atau trafik dapat dikontrol , mencegah data yang macet, dapat mengidentifikasi kesalahan pada paket data yang akan diterima klien. Berarti data yang akan diterima oleh si klien akan 100% terpenuhi. Tetapi dalam segi hal kecepatan memang sangat kurang dan lambat karena setiap paket data harus berurutan dan setiap urutannya diperiksa, jika terjadi kesalahan atau urutan yang salah maka klien akan memberitahukan ke server bahwa paket bermasalah. Ini akan menjadikan trafik jaringan lambat karena terjadi komunikasi dua arah.

UDP

UDP (User Datagram Protocol) bekerja tanpa membutuhkan label atau tanda pengenal dan juga nomor urut. UDP hanya mengirim paket data lalu menghitungnya dan hanya memastikan paket data tanpa kesalahan. UDP terkadang tidak memeriksa paket data yang terkirim, sehingga paket data hilang dalam proses transmisi. UDP rentan terhadap kesalahan pengiriman paket data dan juga paket data bisa hilang pada saat proses perjalanan. Tetapi dalam hal kecepatan transfer data sangat unggul karena UDP tidak melalui proses yang rumit. Seperti pada gambar diatas bahwa UDP tidak melakukan pemberitahuan (no reporting error).

apa-itu-udp
Sumber : https://nordvpn.com/

Perbedaan TCP vs UDP

TCP

  1. TCP menggunakan konsep connection-oriented
  2. Protokol yang menerapkan TCP seperti HTTP (Hypertext Transport Protocol), SMTP (Simple Mail Transfer Protocol), HTTPS, dan FTP (File Transfer Protocol) dan masih banyak lagi.
  3. TCP itu melakukan pemeriksaan pada paket data yang dikirim dan mengidentifikasi kesalahan nomor urut. Jika salah maka klien akan memberi pemberitahuan kepada server.
  4. Kecepatan lambat karena banyak proses yang harus dilewati sehingga rumit dan terjadi komunikasi antara dua trafik dimana server dan klien yang melakukan request dan response.
  5. Memiliki ukuran Header 20 byte.
  6. TCP memerlukan handshake seperti yang saya sebutkan diatas, ada tiga yaitu SYN, SYN-ACK, dan ACK.

UDP

  1. UDP menggunakan konsep connectionless
  2. Protokol yang menerapkan UDP seperti DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol), DNS (Domain Name System), NTP (Network Time Protocol), TFTP (Trivial File Transfer Protocol), dan masih banyak lagi.
  3. UDP tidak melakukan pemeriksaan terhadap paket yang dikirim hanya menjumlah paket data yang dikirim saja. Jika terjadi kesalahan pada paket data dan hilangnya paket data yang dikirim klien tidak akan mengirim pemberitahuan kepada server.
  4. UDP sangat cepat dalam hal transfer paket data karena tidak memperdulikan kerusakan data dan tidak ada proses yang rumit seperti pemeriksaan pada protokol TCP. Namun jika paket data hilang klien tidak akan melakukan laporan atau pemberitahuan terhadap server, sehingga paket data tidak 100% terpenuhi.
  5. Memiliki ukuran Header 8 byte.
  6. UDP tidak memerlukan handshake (koneksi yang valid antara server dan klien harus saling menyetujui sebelum data dikirim).
tcp-vs-udp

Baca Artikel Lainnya :

Referensi

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cari

Kategori Artikel