Model DARPA : Pengertian, Perbedaan, dan Cara Kerjanya

by | Jan 6, 2021 | Blog, Jaringan, Modul, Teknologi | 0 comments

Pengertian Model DARPA

DARPA Reference Mode atau Model DARPA adalah protokol jaringan yang dibuat oleh DARPA (Defense Advanced Research Projects Agency) agensi Departemen Pertahanan Amerika Serikat yang fokus pada riset pengembangan teknologi baru untuk militer. Model DARPA ini mirip dengan OSI Layer yang sempat saya bahas sebelumnya yaitu saling berkesinambungan antara layer ke layer selanjutnya.

Perbedaan antara OSI Layer dengan DARPA

Berbeda dengan OSI Layer yang mempunyai tujuh lapisan (layer), sedangkan model DARPA itu hanya mempunyai empat lapisan (layer) yang terdiri dari :

  1. Lapisan Aplikasi (Application Layer)
  2. Lapisan Antar Host (Host-to-Host Layer)
  3. Lapisan Internetwork (Internetworking Layer)
  4. Lapisan Interface Jaringan (Network Interface Layer)

Keempat lapisan diatas itu sangat kompatibel terhadap OSI Layer yang saya bahas sebelumnya, mengingat bahwa nama model ini juga bernama DARPA sesuai dengan nama departemen pertahanan AS. TCP/IP yang dikembangkan oleh departemen pertahanan AS itu juga menggunakan Model DARPA sebagai konsep cara kerjanya.

Cara Kerja Model DARPA

1. Layer 4 (Application Layer)

Layer ini bertugas sebagai penyedia protokol dari aplikasi terhadap internet. Seperti ketika pengguna membuka aplikasi email itu menggunakan protokol SMTP (Simple Mail Transfer Protocol), membuka web browser menggunakan protokol HTTP (HyperText Transfer Protocol), mengirim file ke server menggunakan FTP (File Tranfser Protocol), megunjungi situs menggunakan DNS (Domain Name System).

2. Layer 3 (Host-to-Host Layer)

Layer ini bertugas menjalin hubungan antar dua host yang berbeda, dengan membuat sesi pada kedua komputer tersebut untuk saling terhubung dengan sesi connection-oriented atau bisa disebut (TCP) dan connectionless broadcast (UDP). Pada dasarnya ada dua tipe koneksi seperti kalimat yang saya sebutkan sebelumnya yaitu TCP (Transmission Control Protocol) dan UDP (User Datagram Protocol).

3. Layer 2 (Internetworking Layer)

Layer ini bertugas untuk melakukan routing dan membuat paket IP menggunakan teknik encapsulation. Beberapa protokol yang berjalan pada layer ini adalah IP Address (Internet Protocol), Address Resolution Protocol (ARP), Internet Control Message Protocol (ICMP), dan Internet Group Management Protocol (IGMP).

4. Layer 1 (Network Interface Layer)

Layer ini bertugas untuk meletakkan frame-frame diatas jaringan atau bisa disebut paket jaringan. Ada tipe arsitektur jaringan lokal disini yaitu Ethernet atau Token Ring dan WAN (Wide Area Network). Sebagai contoh layanan yang diberikan WAN adalah Plain Old Telephone Service (POTS), Integrated Services Digital Network (ISDN), Frame Relay, dan Asyncronous Transfer Mode (ATM).

Setelah memahaminya kalian pasti sudah tahu perbedaanya pada mana, dan pastinya model DARPA ini lebih ringkas dari pada OSI Layer. Tetapi tetap harus mengetahui dasar awal bagaiman jaringan berkerja dengan memahami tentang OSI Layer maka kalian akan lebih mengerti. Karena OSI Layer juga kompatibel jika diterapkan kedalam model DARPA meskipun tidak sempurna.

Baca Artikel Lainnya :

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cari

Kategori Artikel