Cara Install Winbox di Linux Menggunakan Wine

by | Jan 1, 2021 | Blog, FOSS, Linux, Mikrotik | 0 comments

Winbox adalah tampilan GUI untuk manajemen router Mikrotik mulai dari konfigurasi IP Address, DHCP Server, DNS Server, Hotspot, Bridge, IP Binding, Port Forwarding, dan konfigurasi jaringan lainnya. Sebelum memulai cara install winbox di Linux ada yang akan saya sampaikan terlebih dahulu tentang kenapa alasan install winbox menggunakan playonlinux.

Pada tahun 2019 saya menemukan referensi di situs resmi wine app db mengenai penggunaan winbox pada sistem operasi linux dimana didukung oleh wine, dan berjalan dengan sempurna tanpa adanya bug atau kekurangan. Install winbox di Linux kali ini menggunakan metode dimana membutuhkan aplikasi pihak ketiga atau Third-party application yaitu PlayOnLinux,pada aplikasi tersebut bisa memilih versi Wine pada aplikasi yang akan di install secara spesifik dan juga bisa by system (default).

install-winbox-di-linux
Sumber : https://appdb.winehq.org/objectManager.php?sClass=application&iId=1881

Pada gambar diatas terdapat banyak winbox yang bisa didukung oleh wine tetapi dukungan paling sempurna dan bisa digunakan itu adalah Rating yang Platinum. Rating Platinum itu berarti dukungan dari wine benar-benar support dan bisa menjalankan fitur-fitur dari winbox dengan sempurna. Tingkat rating yang paling rendah adalah Garbage. Oke, disini saya memilih menggunakan versi WinBox 3.18 dengan Rating Platinum dan didukung dengan Wine versi 3.20.

Cara Install Winbox di Linux

Kebutuhan yang perlu kalian siapkan :

  1. WinBox 3.18
  2. Install PlayOnLinux

Install Playonlinux

sudo apt install playonlinux

Setelah install kalian bisa membukanya pada menu aplikasi. Kali ini saya menggunakan MX Linux sebagai sistem operasinya. Seperti dibawah ini.

cara-install-winbox-di-linux

Cara Install Wine di Playonlinux

  1. Buka PlayOnLinux kalian dan tunggu refreshing PlayOnLinux sampai selesai , kemudian pilih Tools pada Menu Top Bar kemudian pilih Manage Wine Versions.
cara-install-winbox-di-linux
  1. Setelah itu akan muncul berupa tampilan Manage Wine dimana kalian bisa menginstall wine berdasarkan kebutuhan yang kalian perlukan. Untuk menginstall winbox 3.18 tadi, seperti informasi diatas kalian harus menggunakan wine versi 3.20. Pilih wine versi 3.20 dan klik pada arah panah kanan untuk menginstallnya.
install-winbox-linux
  1. Tahap instalasi wine selanjutnya adalah kalian pilih next.
install-winbox-linux

Setelah itu kalian menunggu beberapa menit karena PlayOnLinux akan melakukan mendownload Wine yang kalian pilih sebelumnya. Proses ini akan memakan waktu.

cara-install-winbox-di-linux
  1. Setelah proses download selesai secara otomatis Wine sudah terinstall di PlayOnLinux dan bisa digunakan untuk install winbox di Linux.

“Jangan lupa ulangi proses install wine 3.20 pada arsitektur amd64”

Ini dibutuhkan karena terkadang aplikasi hanya support pada satu arsitektur saja.

Cara Install Winbox di Linux dengan Playonlinux

  1. Pilih Install dengan Icon + pada PlayOnLinux.
install-winbox-linux
  1. Setelah klik Install, pada pojok sebelah kiri bagian bawah terdapat navigasi Install a non-listed program klik opsi berikut. Setelah klik tombol tersebut kalian akan disuguhkan ketentuan-ketentuan yang harus kalian baca. Langsung saja seperti biasanya langsung klik Next. Jika terdapat lagi kalian klik Next saja.
install-winbox-linux
  1. Setelah itu kalian akan melakukan instalasi manual klik Next pada tampilan seperti dibawah ini.
install-winbox-linux
  1. Kalian pilih Install a program in a new virtual drive. Jadi PlayOnLinux akan membuat virtual drive didalam direktori .playonlinux pada direktori user kalian sebagai kebutuhan aplikasi winbox agar dapat berjalan. Pada dasarnya PlayOnLinux akan menciptakan lingkungan atau sistem Windows di dalam virtual drive tersebut sebagai requirements untuk mendukung winbox.
cara-install-winbox-di-linux
  1. Setelah itu kalian beri nama pada opsi “Please type a name for your application’s virtual drive” tanpa spasi. Sebagai contoh saya memberikan nama Winbox-3.18.
  2. Pada tahap ini harap kalian pilih semua atau di centang semua.
    Use another version of wine : kalian dapat memilih versi wine sesuai dengan keinginan kalian.
    Configure Wine : konfigurasi wine ketika proses pembuatan virtual drive seperti Wine Mono dan lain-lainnya.
    Install some libraries : untuk menginstall library-library yang diperlukan mungkin ada dari kalian yang perlu. Meskipun dicentang step ini juga bisa dilewati dan klik Next.
  1. Kalian harus memilih versi wine yang sesuai dengan informasi di atas sebelumnya yaitu 3.20. Setelah memilih kalian klik Next.
  1. Setelah itu kalian silahkan memilih arsitektur sistem operasi yang kalian inginkan. Disini saya memilih 64 bits windows installation.
  2. Setelah itu kalian akan memulai install beberapa library dukungan, ada 2 yaitu : Wine Mono Installer dan Wine Gecko Installer.
  3. Setelah proses instalasi Wine Mono dan Wine Gecko terdapat library-library yang sudah disediakan oleh PlayOnLinux. Disini saya langsung ketahap selanjutnya dengan klik pada tombol Next.
  4. Tahap selanjutnya kalian akan disuruh mencari, mana aplikasi yang akan kalian install dengan klik tombol Browse dan cari winbox.exe yang sudah kalian download sebelumnya. Setelah itu kalian pilih Next.
install-winbox-playonlinux
  1. Setelah itu aplikasi winbox secara otomatis akan berjalan dan jika ingin proses instalasi winbox selesai silahkan tutup winboxnya dan melanjutkan ketahap akhir yaitu membuat shortcut desktop untuk winbox.
  2. Kalian pilih Browse dan Next. Kemudian kalian klik Browse untuk mencari file winbox.exe yang sebelumnya kalian download.
  1. Setelah menambahkan shortcut kalian akan disuruh memberi nama pada shortcut tersebut. Ini bebas sesuaikan dengan keinginan kalian.
  2. Setelah memberi nama, akan kembali ke tampilan sebelumnya. Silahkan kalian pilih I don’t want to make another shortcut.
  3. Instalasi berhasil dengan hasil sebagai berikut.

Banyak sekali tahapan-tahapan yang dilalui dalam menginstall winbox pada sistem operasi linux, jika teman-teman terjadi kendala pada saat proses instalasinya silahkan komentar dibawah mungkin saya bisa membantu. Selama proses instalasi, pengalaman yang pernah saya alami pada saat install library Wine Mono dan Wine Gecko itu sering stuck atau freeze. Berhentinya pada saat proses downloadnya. Menurut forum dari PlayOnLinux sendiri iru terjadi dikarenakan dari Host sendiri atau Server bukan dari Client.

Oke, artikel kali ini cukup panjang silahkan teman-teman mencobanya dirumah khusus bagi pengguna Linux yang berkerja di bidang Jaringan ini sangat penting sekali. Semoga membantu teman-teman menambah wawasan dan pengetahuan di bidang teknologi informasi.

Baca Artikel Lainnya :

Referensi

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cari

Kategori Artikel