[Solved] ERROR 2002 (HY000): Can’t connect to local MySQL server through socket ‘/var/run/mysqld/mysqld.sock’

by | Jun 28, 2022 | Blog, Linux, Solved | 0 comments

Pendahuluan

Pertama-tama saya akan menjelaskan kenapa saya mengalami error ini [Solved] ERROR 2002 (HY000): Can’t connect to local MySQL server through socket ‘/var/run/mysqld/mysqld.sock’, jadi sebelumnya saya menginstall MySQL Server menggunakan APT Repo dari MySQL itu Sendiri di Sistem Linux WSL (Windows Subsystem Linux). Solusi yang saya temukan ketika mengatasi MySQL Server daemon saya tidak berjalan dan keluar error dengan kode diatas pada sistem operasi Kali Linux WSL2 adalah judul berikut artikel ini.

Oke setelah tahu latar belakang masalahnya sehingga saya mendapatkan solusi yang sudah saya praktikkan pada sistem operasi Kali Linux WSL2 saya. Langsung saja ke problem solving [Solved] ERROR 2002 (HY000): Can’t connect to local MySQL server through socket ‘/var/run/mysqld/mysqld.sock’.

Bagaimana cara mengatasi ERROR 2002 (HY000): Can’t connect to local MySQL server through socket ‘/var/run/mysqld/mysqld.sock’

Pertama, jalankan perintah berikut ini, untuk merubah permission folder-nya dan juga hak aksesnya.

chown -R mysql.mysql /var/run/mysqld/
chmod 755 /var/run/mysqld/ 

Setelah itu, kalian restart ulang daemon-nya atau restart ulang mysql-nya dengan menjalankan perintah berikut ini.

/etc/init.d/mysql start 

Kemudian, jika perintah diatas tidak bisa digunakan (ini terjadi pada kali linux WSL2 saya). Ini adalah cara manual untuk menjalankan mysqld daemon safemode. Silahkan menggunakan cara jitu dan ampuh di bawah ini.

/usr/bin/mysqld_safe & 

Jika berhasil maka akan muncul notif di terminal dengan proses ID 3157, seperti dibawah ini.

[Solved]-ERROR 2002-(HY000):

Oke cukup ini saja yang bisa saya sampaikan pada artikel kali ini semoga bermanfaat bagi teman-teman yang terkena masalah seperti diatas, ini solusi yang saya temukan merujuk pada referensi yang saya temukan di LMS Pak Onno. Jika ada cara lain silahkan teman-teman komentar dibawah agar teman-teman yang lain tahu metode-metode solusi yang lainnya. Jangan lupa teman-teman ikuti Instagram kami untuk mengikuti program-program event yang akan datang dan kunjungi terus artikel dari bengkelti. Terima Kasih

Artikel Lainnya :

Referensi

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cari

Kategori Artikel