[Solved] mysqli_real_connect(): (HY000/2002): No such file or directory

by | Oct 1, 2021 | Blog, Solved | 0 comments

Halo semua, hari kemarin saya sempat mendapatakan masalah pada phpmyadmin saya yang sudah terinstall pada laptop atau komputer saya. Dia mengalami error pada saat login pada phpmyadmin di localhost dengan kode error mysqli_real_connect(): (HY000/2002): No such file or directory. Dengan ini saya ingin memberitahukan kepada kalian bagaimana solusi-solusi yang perlu kalian kerjakan dan begitu juga alasannya.

mysqli_real_connect():-(HY000/2002):-No-such-file-or-directory

Bagaimana mengatasi mysqli_real_connect(): (HY000/2002): No such file or directory

Metode 1

Perlu kalian coba, terkadang error yang terjadi karena direktori pada socket hilang atau terhapus. Meskipun folder tersebut ada silahkan coba membuat ulang foldernya dengan menjalankan perintah dibawah ini.

sudo mkdir /usr/local/etc/my.cnf.d

Silahkan kalian restart ulang mysql dengan menjalankan perintah berikut ini.

sudo service mysql restart

Jika masih terjadi error kalian bisa menggunakan metode yang kedua untuk mengatasi atau [Solved] mysqli_real_connect() ini.

Metode 2

Kemungkinan ini terjadi error karena service mysql belum berjalan pada latar belakang, kalian bisa mencoba mengaktifkan dan menjalankan mysql ketika laptop atau komputer kalian saat booting dengan menjalankan perintah dibawah ini.

# start mysql service
sudo service mysql start

# enable startup run
sudo systemctl enable mysql

Saya sempat pusing dan menghabiskan banyak waktu berjam-jam untuk memikirkannya. Saya memutuskan untuk mencari metode di google untuk mengatasi masdalah ini.Jika masalah diatas masih belum teratasi kalian bisa mencoba metode dibawah ini.

Metode 3 – [Solved] mysqli_real_connect(): (HY000/2002): No such file or directory

Alasan mengapa terjadi error karena phpmyadmin menggunakan localhost sehingga phpmyadmin mencoba menghubung ke mysql.socket telebih dahulu. Jika menggunakan 127.0.0.1 maka phpmyadmin akan membuat koneksi TCP untuk terhubung kepada mysql secara langsung.

Mengubah localhost ke 127.0.0.1 pada file konfigurasi /etc/phpmyadmin/config.inc.php

$cfg['Servers'][$i]['host'] = $dbserver;

Menjadi

$cfg['Servers'][$i]['host'] = '127.0.0.1';

Setelah saya mencoba metode ke-3 akhirnya berhasil terpecahkan.

Buat teman-teman jika kalian merasa ada yang kurang pada artikel saya atau penjelasan saya yang keliru kalian bisa berkomentar dibawah. Dan jangan lupa untuk sebarkan metode-metode lain untuk mengatasi [Solved] mysqli_real_connect(): (HY000/2002): No such file or directory dengan komentar dibawah.

Baca Artikel Lainnya :

Referensi

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cari

Kategori Artikel