RAM Switch Adalah Bagian Dari Switch dan Bagaimana Cara Kerjanya

by | Mar 5, 2023 | Blog, Jaringan, Teknologi | 0 comments

Bagian yang sangat menarik dan penting adalah informasi yang mengatakan bahwa switch-switch mendukung 4.000 MAC Address. Saya telah menjelaskan cara kerja switch kepada kalian. Switch menyimpan alamat MAC didalam memorinya atau bisa disebut RAM Switch. RAM Switch adalah komponen yang berada didalam perangkat Switch yang bisa menyimpan alamat MAC dan itu ternyata mempunyai batas tertentu.

 

Bagaimana Cara Kerja RAM Switch ?

 

Pada contoh sebelumnya, switch sudah menyimpan 2 alamat MAC Address. Jadi maksutnya adalah memori di switch mampu menyimpan atau mengingat sampai 4.000 MAC Address yang terhubung ke padanya. Bukankah angka 4.000 itu sangat-sangat banyak ? Bukankah tidak ada switch yang memiliki 4.000 port ? Kenapa harus menyimpan sampai dengan 4.000 alamat MAC ?.

 

Bila anda perhatikan ilustrasi saya pada saat menjelaskan tentang switch, tampaknya memang 1 port hanya akan menyimpan 1 alamat MAC. Ini sama artinya bahwa switch hanya membutuhkan memori sebanyak jumlah port yang dimiliki. Benar ! kalian tidak salah bila anda hanya menggunakan 1 switch namun jaringan tidaklah sesederhana ini. Biasanya, untuk jaringan perusahaan, akan ada beberapa switch yang saling dihubungkan. Perhatikan gambar dibawah ini !.

 

ram-switch-adalah

 

Pada contoh ini, port pertama pada switch 1 dihubungkan dengan switch 2 yang memiliki 24 port, dan switch 2 dihubungkan lagi dengan switch 3. Switch kini port pertama pada switch 1, harus mampu menyimpan alamat MAC sebanyak 45 buah, yaitu gabungan 22 port pada switch 2 (karena 2 port tidak bisa digunakan oleh komputer) dan 23 port pada switch 3. Ke-45 alamat MAC akan tercatat semuanya pada port pertama pada switch pertama. Kini, kalian bisa lihat bahwa satu port, ternyata bisa mencatat banyak alamat MAC.

 

Artikel Lainnya :

 

Referensi

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cari

Kategori Artikel