Apa itu Hub ? Cara Kerja Hub dan Jenis Hub

by | Feb 24, 2023 | Blog, Jaringan, Teknologi | 0 comments

Sebelum membahas apa itu hub ? kalian perlu tahu bahwa hub sangat terkenal pada tahun 95-an dan sampai saat ini masih tetap digunakan walaupun jumlahnya sudah berkurang banyak. Di toko-toko, sudah jarang ada yang menjual hub karena harganya yang tidak berbeda jauh dengan switch. Di perusahaan-perusahaan, biasanya hub masih tetap anda bisa jumpai karena jaringan perusahaan biasanya sudah dipasang puluhan tahun sebelumnya.

 

Hub sebenarnya dibagi menjadi dua macam yaitu active hub dan passive hub. Passive hub tidak menggunakan listrik  karena tugasnya adalah meneruskan sinyal data ke komputer-komputer yang terhubung ke hub. Jenis hub ini sudah sangat tua, bahkan saya sendiri belum pernah melihatnya secara fisik.

 

apa itu hub

 

Active hub menggunakan tenaga listrik dan selain berfungsi sama seperti passive hub, active hub juga menguatkan sinyal(fungsi repeater) sehingga jangkauan antar komputer bisa lebih jauh. Jenis hub inilah yang akan kita bahas dan apabila saya mengatakan hubm maka artinya adalah active hub.

 

Bagaimana Cara Kerja Hub

 

Setelah memahami apa itu hub, kalian perlu tahu bagaimana cara kerja hub ? sangat sederhana. Hub berfungsi meneruskan sinyal kesemua port (broadcast) sehingga ketika komputer SUMBER mengirimkan data ke komputer TUJUAN, data tersebut sebenarnya juga diterima oleh komputer lainnya. Lalu apabila digunakan oleh komputer lain ketika menerima data yang bukan untuknya ? Mereka mengabaikannya.

 

Kini, apabila komputer lain tidak mengabaikan data komputer lain yang diterimanya, ia akan bisa melihat data yang tidak seharusnya. Disinilah Sniffer menjalankan tugasnya, ia akan mengambil data-data yang tidak seharusnya dengan memproses setiap data yang bisa dilihatnya. Dengan sniffer, data-data seperti password, pin, serta berbagai informasi berharga lainnya bisa didapatkan tanpa perlu menyerang komputer SUMBER dan komputer TUJUAN secara langsung.

 

apa-itu-hub

Kini anda dapat memahami bagaimana berbahayanya penyerangan network sniffing ini karena kelemahan yang ada tidak terletak pada komputer korban, namun terletak pada desain jaringan yang memang sudah dari sananya bermasalah. Anda tidak bisa merubah bentuk jaringan yang sudah ada dan tidak ada service pack atau layanan yang bisa melakukannya.

 

Artikel Lainnya :

 

Referensi

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cari

Kategori Artikel