Perbedaan Tradisional IT dengan AWS (Amazon Web Services)

by | Mar 8, 2023 | Amazon Web Services, Blog, Teknologi | 0 comments

Perbedaan tradisional IT dengan AWS Cloud, bisa dilihat dalam segi perkembangan teknologi yang semakin pesat teknologi-teknologi penyedia semakin maju dan tidak bisa dihindari dimana dahulu kita sering instalasi dan setup server secara dedicated, mengkonfigurasi firewall, setup jaringan dan lain-lainnya. Dengan demikian dahulu sangat kental sekali dengan hal-hal seperti itu.

Akan tetapi semenjak adanya teknologi Cloud itu, semua telah tergantikan. Dengan adanya cloud kita tidak usah perlu membuang-buang uang kita hanya untuk membeli sebuah server dan alat-alat jaringan serta mengkonfigurasi secara manual. Tentu sangat memakan waktu banyak dan sangat tidak efisien. Karena itu disini saya akan membahas perbedaan tradisional IT dengan AWS Cloud.

Perbedaan Tradisional IT dengan AWS Cloud

perbedaan-tradisional-it

Oke disini dibagi menjadi beberapa peran antara lain yaitu :

Security

Di tradisional IT kalian pasti tidak asing dengan Firewall, ACLs, Administrators, kalau dulu Firewall itu kan sebenarnya contoh salah satu implementasi dari security.  Dulu kalau di zaman sekolah ada aplikasi yang berbayar dan adayang gratis biasanya itu disebut dengan modifikasi ya pada firewall supaya si aplikasi ini bisa melakukan komunikasi keluar dan masuk. Kalau di AWS itu menggunakan yang namanya Security Group, Network ACLs, dan IAM sebagai user permission.

Networking

Kalau di dalam tradisional IT kita pasti tahu bahwa jaringan terdiri dari router dan switch yang saling terhubung menggunakan kabel ataupun non-kabel. Dan pada zaman sebelum AWS banyak orang-orang yang minat dan membangun server sendiri dengan topologi jaringannya. Tentu sangat memakan banyak waktu untuk membuat sebuah jaringan sebesar itu bukan ?. Kalau di AWS Cloud itu sudah ada yang namanya Elastic Load Balancing dan juga Amazon VPC dimana kita bisa mengkonfigurasi jaringan virtual di dalam VPC tersebut, tanpa melibatkan alat atau prangkat keras seperti router.

Compute

Kalau dalam hal compute tentunya juga sangat berbeda, kalau zaman dulu itu dita membutuhkan sebuah server berdasarkan kebutuhan kita yang bersifat on-demand dan kita bayar dengan sesuai kebutuhan kita. Dan itu sebuah server dimana server tersebut masih dedicated. Kalau di AWS itu ada teknologi yang namanya AMI dan EC2 Instance dimana kita bisa membuat Server secara mudah tinggal menentukan OS nya apa dan sepk yang diinginkan apa, dan biaya yang dipakai itu tergantung pada penggunaannya atau bisa disebut pay-as-you-go.

Storage dan Database

Dalam hal storage dan database kita dulu pasti tahu yang namanya DAS, SAN, NAS, RDMS. Diantaranya kita masih menggunakan yang namanya NAS (Network Access Storage), RDBMS (Remote Database Management System) dengan ini pasti jika kita ingin mengurangi kapasitas storage atau menambah kapasitas storage pastinya tidak akan mudah dan sangat tidak efisien. Kalau di AWS itu ada yang namanya Amazon EBS (Elastic Balancing Storage), Amazon EFS (Elastic File System), Amazon S3 fitur storage, Amazon RDS (Remote Database System) dimana semuanya itu sangat dinamis dan sangat mengefisiensi waktu.

Kesimpulan

Jadi itulah perbedaan tradisional IT dengan AWS Cloud sangat berbeda bukan ? Kalian tim yang mana Tradisonal IT atau AWS Cloud. Jika dilihat dari perbedaan tersebut Cloud sangat mendominasi tetapi tidak memungkinkan juga tradisional IT akan tergeser karena kita menjalankan setup berdasarkan kebutuhan kita. Tentunya jika menggunakan AWS Cloud itu lebih baik dan bagus jika digunakan dalam perusahaan-perusahaan dalam jumlah trafik yang besar.

Artikel Lainnya :

 

Referensi

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cari

Kategori Artikel