Mengenal Jenis dan Cara kerja Firewall

by | Aug 3, 2023 | Jaringan, Mikrotik, Sistem Komputer, Teknologi | 0 comments

Tentang Firewall

 

 

 

Jenis jenis Firewall

  • Hardware Firewall : Seperti namanya, hardware firewall adalah perangkat keras yang termasuk dalam sistem jaringan, seperti router.Untuk firewall ini dapat berfungsi dengan baik, mereka perlu dikonfigurasi. Hardware firewall menggunakan teknik filter untuk mengidentifikasi paket utama, sumber, dan tujuan agar dapat bekerja.
  • Software Firewall : Anda tahu bahwa salah satu fungsi firewall adalah melindungi data pribadi dan penting agar hacker dan pihak tidak berwenang lain tidak dapat mengaksesnya.
  • Packet-filtering Firewall : Firewall dengan metode paket-filtering menyaring paket yang akan masuk ke sistem. Anda harus menyadari bahwa ketika proses pengiriman data dimulai, data sebenarnya dikirim dalam bentuk paket.
  • Circuit-level Gateways : Jenis firewall yang bekerja di tingkat sesi pada layer ketiga model Open Systems Interconnection (OSI) berfungsi untuk memastikan bahwa setiap koneksi dan sesi yang melewati Protokol Kontrol Transmisi (TCP) telah aman.
  • Stateful Inspection Firewall : Firewall inspeksi negara adalah firewall yang memiliki kemampuan untuk melacak asal paket yang melewati TCP dan membuka isi paket tersebut. Bisa dibilang, jenis firewall ini menggabungkan filter paket firewall dan gateway tingkat sirkuit.
  • Proxy Firewall : Tugas proxy firewall adalah untuk menghubungkan komputer dan server melalui jaringan internet. Caranya adalah dengan mengirimkan permintaan dari komputer seolah-olah itu berasal dari si proxy.
  • Next-generation Firewall : Next-generation firewall adalah perangkat keamanan yang menggabungkan berbagai fungsi dari jenis-jenis firewall lainnya, seperti pemeriksaan paket, pengaturan koneksi dan sesi TCP, dan lain-lain.
  • Cloud Firewall : Jenis terakhir dari firewall adalah cloud firewall; seperti namanya, mereka melindungi jaringan dan transaksi data berbasis cloud. Ia dikelola oleh penyedia eksternal, seperti halnya teknologi cloud-based lainnya.

 

Cara Kerja Firewall

Firewall menyaring paket, atau data, antara jaringan di internet. Ia memiliki kemampuan untuk menentukan apakah sebuah komputer dapat mengakses paket tersebut atau tidak.

  • Packet Filtering (Stateless) : Cara pertama firewall bekerja adalah dengan menggunakan protokol tertentu untuk memastikan apakah data dapat masuk ke jaringan. Paket diperiksa secara individual atau secara terpisah. Jika paket dikirim dalam grup, paket diperiksa satu per satu.
  • Proxy Service : Aplikasi yang berfungsi sebagai penghubung antara sistem jaringan dikenal sebagai proxy service. Aplikasi proxy berada di dalam firewall dan bertanggung jawab untuk memeriksa paket yang ditukarkan dalam jaringan dalam cara yang satu ini.Sistem ini dianggap lebih efisien. karena semua data yang diperiksa disimpan di satu tempat. Karena layanan proxy gratis ini berusaha membangun koneksi antarjaringan yang sebanding, cara kerja firewall jenis ini bisa dikatakan lebih canggih.
  • Stateful Inspection : Cara kerja firewall ini adalah untuk memeriksa paket yang diterima bersama dengan aktivitas sebelumnya. Kemudian, jika paket memiliki konotasi positif atau tidak menunjukkan risiko bahaya, maka paket tersebut akan diarahkan ke sistem yang dimaksud. 

Artikel Lainnya :

Referensi

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cari

Kategori Artikel