db_status: connection to server at “127.0.0.1”, port 5432 failed: FATAL: password authentication failed for user “msf”
connection to server at “127.0.0.1”, port 5432 failed: FATAL: password authentication failed for user “msf”

by | Jun 28, 2022 | Blog, Linux, Metasploit, Solved | 0 comments

Pendahuluan

Sebelum membahas cara mengatasi masalah Error while running command db_status: connection to server at “127.0.0.1”, port 5432 failed: FATAL:  password authentication failed for user “msf” connection to server at “127.0.0.1”, port 5432 failed: FATAL:  password authentication failed for user “msf” aku akan membahas latar belakang kenapa terjadi error seperti itu. Jadi, ketika aku menginstall sebuah tools exploitation yaitu Metasploit Framework, aku sempat mengecek pada msfconsole apakah metasploit framework ini sudah berjalan dengan baik ?. Kemudian saya cek menggunakan db_status.

Dan alhasil muncul pemberitahuan  Error while running command db_status: connection to server at “127.0.0.1”, port 5432 failed: FATAL:  password authentication failed for user “msf” connection to server at “127.0.0.1”, port 5432 failed: FATAL:  password authentication failed for user “msf”. Disinilah letak permasalahannya Metasploit Framework saya tidak bisa konek ke database msf, untuk selanjutnya saya akan menjelaskan bagaimana cara mengatasinya.

Ini terjadi ketika saya menginstall Metasloit Framework pada sistem operasi Kali Linux 2022.x. Oke, langsung saja bagaimana cara mengatasinya.

Fix Error while running command db_status: connection to server at “127.0.0.1”, port 5432 failed: FATAL:

db_status:-connection-to-server

Gambar diatas menunjukkan error yang terjadi pada metasploit framework saya. Selanjutnya yang perlu kalian lakukan adalah mengecek apakah database postgreSQL sudah berjalan, dengan menjalankan perintah berikut ini.

/etc/init.d/postgresql status 

Jika muncul pemberitahuan seperti dibawah ini, maka database postgreSQL kalian belum berjalan.

──(root㉿DESKTOP-BAN7NBJ)-[/usr/lib/win-kex/pulse]
└─# /etc/init.d/postgresql status
14/main (port 5432): down
 

Jalankan perintah berikut ini untuk mengaktifkan dan memulai database postgreSQL agar berjalan ketika sistem operasi kalian booting.

#untuk menjalankan postgresql
/etc/init.d/postgresql start
#untuk memulai postgresql ketika booting startup
systemctl enable postgresql 

Setelah menjalankan perintah tadi, kalian cek terlebih dahulu apakah postgresql sudah berjalan dengan baik dan benar. Sebagai contoh seperti pemberitahuan dibawah ini.

┌──(root㉿DESKTOP-BAN7NBJ)-[/usr/lib/win-kex/pulse]
└─# /etc/init.d/postgresql status
14/main (port 5432): online 

Setelah itu, kalian perlu melakukan init ulang pada database metasploit framework (menggunakan fitur msfdb yang sudah tersedia pada metasploit framework). Jalankan perintah berikut ini.

msfdb reinit 

Setelah selesai melakukan init ulang, maka database metasploit framework kalian sudah terbuat pada postgreSQL. Setelah itu kalian tinggal jalankan msfconsole.

msfconsole 

Setelah masuk kedalam msfconsole kalian perlu melakukan perintah berikut ini, untuk mengecek metasploit framework sudah terkoneksi ke dalam database atau belum.

#mengecek apakah sudah terkoneksi dengan baik
db_status 

Selamat, metasploit anda sudah teratasi, hasil dari yang saya praktikkan pada gambar dibawah ini.

db_status:-connection-to-server

Sekian tutorial bagaimana cara mengatasi masalah diatas dengan metode yang simpel dan mudah dipahami, semoga berhasil. Terima Kasih

Artikel Lainnya :

Referensi

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cari

Kategori Artikel