Perbedaan Model dan Controller Pada Laravel

by | Jul 13, 2023 | Blog, Laravel, Others, Pemrograman, Teknologi | 0 comments

Pengertian MVC (Model, View, Controller)

                 MVC adalah sebuah pendekatan perangkat lunak yang memisahkan aplikasi logika dari presentasi. MVC memisahkan aplikasi berdasarkan komponen- komponen aplikasi, seperti : manipulasi data, controller, dan user interface.

  1. Model, Model mewakili struktur data. Biasanya model berisi fungsi-fungsi yang membantu seseorang dalam pengelolaan basis data seperti memasukkan data ke basis data, pembaruan data dan lain-lain.
  2. View, View adalah bagian yang mengatur tampilan ke pengguna. Bisa dikatakan berupa halaman web.
  3. Controller, Controller merupakan bagian yang menjembatani model dan view.

 

Apa yang membedakan model dan controller Laravel?

 

              Dalam MVC, Model dan Controller adalah dua komponen yang berbeda yang memiliki konsep yang berbeda dan peran yang berbeda. Dalam artikel ini, kita akan membahas perbedaan yang ada antara Model dan Controller di Laravel.

MODEL

              Bagian dari konsep MVC yang bertanggung jawab atas pengelolaan data dalam aplikasi adalah model. Model ini digunakan untuk mengakses database, menampilkan tabel dalam database, dan mengelola data, yang memungkinkan kita untuk melakukan operasi CRUD (membuat, membaca, mengubah, dan menghapus) pada data. Dalam Laravel, model juga dapat terhubung ke model lain melalui hubungan (relasi).

 

CONTROLLER

              Sementara itu, controller pada Laravel juga merupakan bagian dari konsep MVC dan bertanggung jawab untuk mengontrol alur aplikasi antara Model dan View. controller mengatur permintaan pengguna, memanggil Model yang sesuai, dan mengirimkan data ke View. Selain itu, controller juga bertanggung jawab untuk memberikan tanggapan kepada pengguna dengan menyesuaikan halaman atau tampilan yang ditampilkan ke pengguna sesuai dengan permintaan yang diterima. Dalam hal ini, Controller bertindak sebagai perantara antara Model dan View.

 

Perbedaan antara Model dan Controller 

              di Laravel Perbedaan utama antara keduanya adalah fungsinya. Pada Laravel, Model dan Controller bekerja sama untuk membangun aplikasi Laravel, dan Model mengelola data dalam database, sedangkan Controller mengelola logika aplikasi dan permintaan pengguna serta memberikan tanggapan kepada pengguna terkait permintaan tersebut.

 

KESIMPULAN

              Controller dan model Laravel memiliki fungsi yang berbeda. Controller bertanggung jawab untuk menerima permintaan pengguna, memprosesnya, dan menampilkan tanggapan yang sesuai dengan permintaan, sedangkan model bertanggung jawab untuk mengelola data

Artikel Lainnya :

Referensi

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cari

Kategori Artikel