Cara Install Laravel di Windows

by | Jun 24, 2021 | Blog, Laravel, Windows | 0 comments

Cara install laravel di windows ?… Tunggu dulu simak penjelasan berikut ini !

Banyak orang mencari metode membuat web mulai dari coding sendiri maupun yang gratis. kamu bisa jadi merupakan salah satunya dan untungnya kamu tidak lagi salah tempat. Postingan ini hendak menolong kamu buat website gratis. Web memanglah dapat membuat apapun yang kamu jalani nampak lebih meyakinkan. Entah kamu seseorang freelance juru foto, graphic designer, penulis postingan ataupun blogger, pengusaha, hingga dengan pebisnis kuliner. Web dapat membuat kamu terus menjadi sungguh- sungguh, handal, serta wah! Terlebih jika itu seluruh dicapai tanpa menghasilkan duit sepeser juga alias gratis.

Jika kamu memanglah mau tingkatkan reputasi serta personal branding, web tidak boleh lagi kamu abaikan. Lebih-lebih, jika kamu memiliki tujuan utama memperoleh duit melalui internet. Web patut hukumnya, wajib kamu pelajari.

Terlebih waktu ini, 89 % calon konsumen dan pengguna smartphone mencari kebutuhannya melalui internet. Pada saat menciptakan yang dibutuhkan, mereka umumnya akan menghubungi toko ataupun malah langsung membeli produk dari web.

Nah, artikel ini betujuan untuk membantu anda agar bisa menciptakan website sendiri menggunakan Framework PHP Laravel. Berikut adalah cara install laravel di windows yang akan dijelaskan dalam di artikel ini.

Apa Itu Laravel ?

Mengenai Penjelasan, Keunggulan & Fitur pada Laravel : Apa itu Laravel ?

Cara Install Laravel di Windows

Sebelum memulai tutorial kali ini ada hal yang perlu saya sampaikan, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan dan di install terlebih dahulu untuk menjalankan instalasi Laravel di Windows. Bebera aplikasi pendukung instalasi Laravel :

Setelah anda unduh 2 dependensi tersebut, silahkan diinstall terlebih dahulu. Jika sudah menginstall XAMPP dan Composer, instalasi Laravel pada Sistem Operasi Windows sudah siap dilakukan.

Cara install Laravel di Windows :

  1. Masuk ke CMD ( Command Prompt )
  2. Open Folder XAMPP di C:\xampp
  3. Install Laravel dimulai
  4. Cek instalasi Laravel pada Web Browser

Masuk direktori pada XAMPP di C:\xampp

Lokasi direktori server XAMPP adalah di xampp/htdocs. Untuk menuju kedirektori file server atau xampp/htdocs anda harus memasukkan perintah tersebut :

cd \xampp\htdocs
cara-install-laravel-di-windows

Instalasi Laravel dimulai

Setelah anda masuk pada direktori htdocs, install dan download laravel pada repositori GitHub menggunakan perintah composer, Ketikkan perintah berikut untuk memulai penginstallan :

composer create-project --prefer-dist laravel/laravel bengkelti_project
instalasi-laravel

Composer akan mungunduh laravel dari repository dan menginstallnya ke dalam direktori yang sudah anda tentukan, yaitu htdocs ( Pastikan internet stabil agar tidak terjadi kesalahan saat instalasi Laravel dan pengunduhan ).

instalasi laravel

Instalasi laravel telah selesai.

Cek hasil instalasi Laravel pada aplikasi Browser

Setelah proses instalasi laravel sudah selesai, maka pada direktori xampp/htdocs terdapat folder yang anda buat bersamaan dengan membuat project laravel tadi.

cara-install-laravel-windows

Jika ingin memastikan sudah terinstall atau tidak maka jalankan perintah berikut kedalam CMD yang sudah berada pada direktori project tersebut :

Setelah itu cek pada Browser anda dengan mengetikkan URL : http://127.0.0.1:8000 maka akan muncul halaman laravel seperti dibawah ini :

Jika hasil halaman laravel seperti diatas maka tutorial Cara Install Laravel di Windows sudah selesai.

Kesimpulan

Selamat mencoba teman – teman semoga tutorial ini bermanfaat bagi yang mau belajar dan Terima Kasih sudah berkunjung artikel kami.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cari

Kategori Artikel