Cara Crimping Kabel LAN atau UTP ke RJ-45

by | Dec 1, 2020 | Blog, Jaringan, Modul | 0 comments

Sebelum memulainya kalian perlu tahu apa itu kabel LAN atau UTP ?, seperti yang kalian ketahui pada umumnya kabel LAN berfungsi sebagai penghubung antara komputer atau laptop ke hub atau switch agar terhubung kedalam jaringan lokal (Local Area Network) dan bisa berselancar kedalam internet. Banyak tipe kabel LAN yang dikeluarkan oleh perusahaan ternama seperti BELDEN, ZIMM, SPC, VascoLink, Hikvision tidak hanya produk kabel saja melainkan konektor juga di produksi oleh perusahaan-perusahaan seperti yang saya sebutkan sebelumnya. Sebelum memulai bagaimana cara crimping kabel LAN, ada alat-alat yang perlu kalian persiapkan terlebih dahulu.

Peralatan yang perlu kalian persiapkan :

Tang Crimping

Konektor RJ-45

Kabel UTP

Lan Tester / Kabel Tester

Empat gambar diatas adalah alat-alat penting untuk merakit sebuah kabel lan. Pengalaman saya ketika dalam membuat sebuah kabel LAN pada saat proses tertentu terkadang masih kesulitan dalam menggunakan alat-alat diatas, kalian bisa menggunakan alat bantuan seperti gunting.

Tipe Kabel LAN

Kabel Straight

Kabel Straight itu berfungsi untuk menghubungkan antara pc atau komputer ke sebuah hub atau switch. Intinya kabel straight hanya untuk menghubungkan dua perangkat yang berbeda.

Kabel Cross

Kabel Cross itu berfungsi untuk menghubungkan antara pc atau komputer dengan komputer lainnya atau hub ke hub. Intinya kabel cross itu hanya untuk menghubungkan dua perangkat yang sama.

Skema Warna atau Urutan Kabel

cara-crimping-kabel-lan
urutan warna kabel straight dan cross

568B atau Kabel Straight : 568B bisa disebut sebagai kabel straight.

568A atau Kabel Cross : 568A bisa disebut sebagai kabel cross.

Oke, setelah memahami apa itu LAN dan juga alat-alat untuk membuat atau merakit kabel LAN atau UTP selanjutnya saya akan memaparkan bagaimana cara crimping kabel lan dengan baik dan benar.

Cara Crimping Kabel LAN atau UTP

Crimping Kabel Straight

apa-itu-kabel-lan

Jika kalian ingin membuat atau mengcrimping kabel straight kedua ujungnya (ujung 1 dan ujung 2 sama-sama straight) harus straight dan urutan warnanya sama.

1. Langkah pertama, kalian kupas jaket kabel terlebih dahulu.

cara-crimping-kabel-lan

2. Langkah kedua, luruskan kabel dan urutkan warna sesuai dengan urutan warna kabel straight.

cara-crimping-kabel-lan

3. Setelah meluruskan kabel, potong ujung kabel menggunakan tang crimping agar sejajar dan lurus, ini berfungsi agar ujung kabel presisi ketika masuk kedalam konektor.

cara-crimping-kabel-lan

4. Masukkan kabel kedalam konektor RJ-45. Jangan sampai keliru pada sebelah kiri itu putih orange – orange dan sebelah kanan putih cokelat – cokelat.

cara-crimping-kabel-lan

5. Kunci kabel menggunakan tang crimping pada lubang konektor untuk RJ-45, pastikan tidak terbalik dan masuk dengan baik dan benar. Setelah itu tekan tang crimping untuk menguncinya. Setelah itu lakukan hal sama pada ujung ke-2 mulai dari langkah pertama sampai langkah kelima.

apa-itu-kabel-lan

6. Langkah terakhir, kalian tes kabel tersebut menggunakan LAN Tester, sebagaimana berikut jika perakitan atau pembuatan kabel berhasil. Perhatikan pada gambar dibawah ini, jika perakitan kabel berhasil maka untuk tipe kabel straight urutan lampu keduanya itu sama mulai dari 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8.

apa-itu-kabel-lan

Crimping Kabel Cross

kabel-lan

Jika kalian ingin membuat atau mengcrimping kabel cross kedua ujungnya (ujung 1 dan ujung 2 tidak sama) ujung 1 straight dan ujung 2 cross juga urutan warnanya tidak sama setiap ujung.

Ujung 1

Lakukan sama persis seperti pada Crimping Kabel Straight diatas.

Ujung 2

1. Lakukan langkah yang sama seperti di Crimping Kabel Straight, tetapi ada yang berbeda pada :

  • Langkah kedua, luruskan kabel dan urutkan warna kabel dengan sesuai dengan kabel cross.
  • Langkah keemapat, jangan sampai keliru pada sebelah kiri itu putih hijau – hijau dan sebelah kanan putih cokelat – cokelat.

Instalasi sesuai dengan SOP (Standart Operational)

Pemasangan atau perakitan kabel UTP yang sesuai dengan standar operasional adalah seperti diatas, jaket atau kulit kabel harus masuk kedalam konektor setidaknya melewati pengunci pada konektor. Itu berfungsi agar kabel tetap awet dan tahan lama.

Jika pemasangan tidak sesuai SOP bagaimana jika konektor terisi dengan air saat hujan atau pun membuat udara luar bisa masuk kedalam jaket kabel, tentunya sangat berbahaya. Ini sering terjadi pada pemasangan kabel LAN outdoor.

Cukup sekian artikel kali ini, bagi teman-teman silahkan mempraktekkan tutorial diatas.

Baca Artikel Lainnya :

Referensi

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cari

Kategori Artikel