Apa itu Bahasa Pemrograman ?

by | Jan 18, 2021 | Blog, Modul, Pemrograman | 0 comments

Bahasa Pemrograman atau program yakni kumpulan intruksi yang digunakan buat mengatur pc agar melakukan tindakan tertentu( sesuai apa yang kita perintahkan). Tanpa terdapatnya program, pc cuma sebatas perlengkapan biasa( tidak bisa mengaplikasikan apa- apa).

Itulah sebabnya, ada 3 perihal penting yang wajib dikenal saat sebelum memprogram pc. Tiga perihal ini antara lain berupa perangkat keras (hardware), perangkat lunak (aplikasi), serta perangkat akal (brainware) alias orang yang mempunyai kedudukan mengoperasikan pc (user) ataupun orang yang melaksanakan pengembangan perangkat lunak komputer ( biasanya disebut programmer).


Tingkatan Bahasa Pemrograman

Bahasa Program Tingkatan Rendah( Low- Level)

Bahasa program tingkatan rendah berisi instruksi- instruksi yang diperuntukan kepada pc dengan memakai kode biner( binary). Kode- kode tersebut hendak langsung diterjemahkan oleh pc tanpa wajib lewat proses kompilasi.

Bahasa Program Tingkatan Menengah( Mid- Level)

Bahasa program tingkatan menengah merupakan instruksi yang berbentuk kode mnemonic semacam ADD, SUB, DIV, STOLOD, JMP serta yang lain. Tetapi, bahasa dalam tingkatan menengah ini wajib diterjemahkan terlebih dulu ke dalam bahasa mesin, sebab pc cuma paham pemakaian bahasa mesin.

Bahasa Program Tingkatan Besar( High- Level)

Bahasa program tingkatan besar ini berisi instruksi- instruksi yang memakai bahasa alamiah yang dipahami manusia, semacam bahasa Inggris ataupun matematika. Tingkatan ini diciptakan buat menanggulangi kekurangan yang dipunyai tingkatan menengah serta tingkatan rendah.

Contoh Bahasa Pemrograman

HTML/ CSS: Dasar dari suatu program website. Buat membuat website statis dibutuhkan bahasa HTML/ CSS.

JavaScript: Salah satu bahasa yang lumayan gampang buat dipelajari serta bisa digunakan buat apapun semacam memvalidasi informasi formulir buat meningkatkan game. JavaScript merupakan metode yang sangat terkenal buat meningkatkan fitur interaktif dalam taman website serta aplikasi.

PHP: Bahasa program yang digunakan buat meningkatkan taman website yang dinamis. Menekuni PHP hendak sangat bermanfaat buat owner web website sebab PHP dapat mempersingkat kode yang terdapat di taman website sehingga dapat ditampung ke dalam seperangkat ketentuan.

C++: C++ saat ini banyak digunakan dalam bermacam berbagai aplikasi. C++ pula mempunyai keuntungan, ialah lebih gampang buat menekuni bahasa C yang lain semacam C# serta C. Seluruh bahasa C biasanya ditatap selaku bahasa program tingkatan menengah.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cari

Kategori Artikel