Perbedaan Kabel UTP dengan STP Beserta Fungsinya

by | Dec 2, 2020 | Blog, Jaringan, Modul | 0 comments

Apa perbedaan kabel UTP dengan STP ? pada dasarnya kabel LAN itu dibagi menjadi dua ada kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) dan STP (Shielded Twisted Pair) yang berguna atau berfungsi sebagai menjembatani agar transmisi data bisa berjalan dengan baik dan bagus, tujuan dari alat tersebut sama tetapi dalam hal rangkaian dan desainnya itu sangat berbeda.

Perbedaan paling terlihat pada Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) adalah pada desain kabelnya yang hanya dilapisi oleh kulit kabel dan kain untuk merobek jaket kabel saja. Sedangkan kabel STP (Shielded Twisted Pair) itu berlapis aluminium foil dibawah kulit atau jaket kabel itu berfungsi untuk melindungi kabel terhadap interferensi terhadap gelombang elektromagnetik. Setelah memahami perbedaan kabel UTP dengan STP mari kita lihat tabel perbandingan dibawah ini.

Tabel Perbandingan

Dasar PerbandinganUTPSTP
DesainUTP (Unshielded Twisted Pair) adalah kabel dengan empat pilinan didalamyaSTP (Shielded Twisted Pair) adalah kabel dengan empat pilinan didalamnya yang dibungkus oleh aluminium foil
Kabel GroundingTidak perluPerlu
InstalasiLebih cepat karena ringan, kecil, dan fleksibel atau tidak kakuInstalasi sangat sulit karena kaku
BiayaLebih murahMahal
Fungsi atau KegunaanLebih bagus di indoorLebih bagus outdoor
Kecepatan TransferTergantung dari bahan tembaga Tergantung dari bahan tembaga

Kabel LAN – UTP

Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) sudah sering digunakan di banyak kalangan masyarakat entah itu seorang pengusaha RT/RW Net, tempat nongkrong, warnet, dan pararel wifi antar rumah. Kabel UTP banyak sekali digunakan sebagai sarana untuk transfer data dari perangkat satu ke perangkat lainnya, itulah kenapa kabel UTP itu lebih aman jika digunakan dalam rumah atau disebut indoor. Namun banyak pula yang menggunakannya sebagai media transfer data di outdoor, menurutku itu sangat wajar karena harga kabel STP sangat mahal. Tetapi kekurangannya adalah kabel UTP tidak akan bertahan lama karena dampak dari perubahan cuaca dan juga pertahanannya kurang.

Kabel LAN – STP

Kabel STP (Shielded Twisted Pair), kabel ini dilapisi oleh aluminium foil pada setiap pilinannya dan empat pilinannya dikemas oleh pelindung kabel yaitu aluminium dimana pelindung ini harus membutuhkan Grounding agar bekerja. Dari istilah atau pengertian tadi, kita sudah menyimpulkan bahwa kabel STP tersebut sangat tahan dan tidak mudah rusak. Maka untuk kabel yang mendukung untuk proyek outdoor adalah kabel STP karena keistiwewaannya. Seperti dibawah adalah gambar dari kabel UTP dan kabel STP, bisa kalian lihat perbedaan pada rangkaiannya.

perbedaan-kabel-utp-dengan-stp
Sumber : www.teknodaily.com

Cukup sampai sekian informasi atau pengetahuan yang saya tulis, semoga bermanfaat bagi teman-teman terutama yang mempunyai bisnis di bidang Jaringan dan Internet seperti contoh RT/RW Net, ini bisa menjadi pertimbangan sebelum memulai proyek.

Baca Artikel Linnya :

Referensi

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cari

Kategori Artikel