Clean Code? Apa itu, Bagaimana cara penerapannya ?

by | Feb 26, 2021 | Blog, Pemrograman | 0 comments

Bisa jadi sebutan Clean Code masih terkategori asing bagi kita. Untuk memahami lebih mendalam, aku bakal menarangkan sekilas mengenai Clean Code. Ini biasa digunakan didalam prosedur pengembangan aplikasi yang adaptif, dimana kebutuhan sistem dapat senantiasa berganti serta meningkat. Salah satu tata cara pengembangan aplikasi yang menggunakan konsep ini merupakan agile methodology.

Bagi Robert, clean code merupakan kumpulan code yang gampang di baca, gampang di paham serta gampang di maintenance oleh developernya sendiri maupun yang lain.


Pengertian Clean Code

Clean Code merupakan kode atau bahasa pemrograman didalam piranti lunak( aplikasi) yang formatnya benar serta disusun dengan baik dan bersih supaya kode programnya gampang dibaca, dipahami, ditelusuri oleh siapapun serta gampang untuk di costumize oleh siapapun bila nantinya hendak terdapat pergantian. Sebab penerapan clean code yaitu untuk kerja sama yang hendak dikerjakan secara regu sehingga dengan kode yang baik serta benar antar programmer tidak bakal alami kesusahan pada saat bakal melanjutkan pekerjaan dari programmer lain. Tidak hanya itu metode ini dapat mengirit waktu serta biaya disaat wajib melaksanakan maintenance terhadap sistem.


Sebagian metode buat mempraktikkan clean code ialah selaku berikut:

1. Meaningful Names

Penamaan yang baik sangat berarti dalam kode, baik untuk peranan, class ataupun variable. Pakai nama- nama yang jelas serta cocok dengan konteks, serta yakinkan format penyusunan tidak berubah- ubah untuk seluruh base source code. sebab bakal mempermudah kita untuk melaksanakan debugging/ pengembang dan menjamin kita ataupun orang lain yang membaca kode kita bakal langsung paham apa yang di jalani oleh peranan tersebut dan apa manfaat variable tersebut.

2. Good Functions

Tiap fungsi yang baik ialah fungsi yang cuma menerapkan satu perihal.

3. Good Comments

Memberikan pendapat pada tiap mula fungsi( method) serta hanya ditulis pada bagian- bagian yang memerlukan pemahaman ekstra dan bukan karna kode yang ditulis kurang bagus. Contoh pendapat yang diizinkan merupakan pendapat tentang copyright sesuatu kode.

4. Tested Code

Testing pada kode bertujuan buat menjamin kalau kode yang di buat telah cocok dengan apa yang kita mau dan akan meminimalisir mungkin yang terjadi.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cari

Kategori Artikel