Apa itu CSMA/CD ? Pengertian, Cara Kerja, dan Kesimpulan

by | Jun 19, 2021 | Blog, Jaringan, Modul | 0 comments

Tahukah kalian bahwa didalam suatu jaringan ethernet, kabel yang sama digunakan secara bersama-sama oleh semua komputer yang terhubung dalam sebuah jaringan ? kalian akan mengira bahwa semua komputer bisa secara serentak dalam waktu yang bersamaan mengirimkan sinyal data. Tidak, kalian salah jika berfikir seperti itu. Apabila terdapat dua komputer yang mengirimkan data pada saat bersamaan, justru data tersebut akan rusak dan tidak bisa digunakan kembali. Dari kalimat diatas ini kalian sudah paham mengenai apa itu CSMA/CD ?. Kenapa bisa seperti itu ?.

Pengertian CSMA/CD

CSMA/CD adalah metode MAC (Media Access Control) yang dipakai pada perangkat ethernet jaringan. Metode ini berkerja agar jaringan mengirim data ke node tujuan lain tetapi, CSMA/CD akan memastikan terlebih dahulu apakah jaringan ini sedang dipakai atau tidak oleh node lain. Jika data bertabrakan atau bisa disebut Collision, node tersebut harus melakukan request kembali.

Jadi komunikasi data dalam jaringan selalu bergantian tergantung dari node-nodenya, itulah yang dinamakan CSMA/CD “Carrier Sense Multiple Access with Collision Detection”. Setelah mengetahui jelas tentang apa itu CSMA/CD berikut adalah cara kerjanya.

Cara Kerja CSMA/CD

Cara kerjanya sebagai berikut :

  1. Komputer akan mengecek apakah ada yang menggunakan kabel di jaringan (carrier sense).
  2. Apabila ada, maka komputer akan menunggu sampai tidak ada lagi komputer yang menggunakan jaringan node tersebut.
  3. Ketika sudah tidak ada yang menggunakan jaringan tersebut, komputer segera akan mengirimkan datanya melalui kabel jaringan.
  4. Apabila pada saat yang bersamaan, komputer lain ternyata juga mengirimkan data, maka akan terjadi bentrokan yang mengakibatkan data kedua komputer tersebut menjadi rusak/hancur. Kondisi inilah yang dinamakan sebagai “Collision”.
  5. Apabila ternyata collision, maka komputer akan menunggu dalam jangka waktu secara acak dan mencoba mengirimkan datanya lagi sampai berhasil terkirim.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah pada suatu saat, hanya satu komputer yang mengirimkan data dan komputer yang lain menunggu. Kjadian ini yang membuat semakin banyak komputer didalam jaringan hub, secara otomatis akan semakin membuat jaringan tidak efisien dan lambat. CSMA/CD bekerja secara Half-Duplex, artinya hanya satu alat yang bisa “berbicara” pada satu waktu.

Half-Duplex bisa kalian analogikan seperti HT, dimana kalian hanya bisa berbicara atau mendengar. Kalian tidak bisa sekaligus berbicara dan mendengar pada waktu yang bersamaan. Telepon bekerja secara Full-Duplex, karena kalian bisa mendengar dan berbicara pada waktu yang bersamaan.

Baca Artikel Lainnya :

Referensi

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cari

Kategori Artikel