PENGERTIAN DESAIN PERANGKAT LUNAK DAN KONSEP

by | Aug 17, 2023 | Pentest Tools, Sistem Komputer, Teknologi | 5 comments

  •  Pengertian

Desain perangkat lunak adalah proses merencanakan dan membuat kerangka kerja atau struktur dari suatu perangkat lunak sebelum tahap implementasi dimulai. Ini melibatkan pembuatan berbagai komponen, modul, dan interaksi antara mereka agar perangkat lunak dapat berfungsi sesuai dengan kebutuhan dan tujuan yang telah ditetapkan.

 

  • Konsep Desain Perangkat Lunak

       

  1. Modularitas: Desain perangkat lunak dibagi menjadi modul-modul yang independen, dengan setiap modul bertanggung jawab atas fungsi atau tugas tertentu. Ini mempermudah pengembangan, pemeliharaan, dan perubahan dalam perangkat lunak.
  2. Abstraksi: Abstraksi melibatkan penyembunyian detail implementasi dan fokus pada fitur dan fungsionalitas yang lebih tinggi tingkatnya. Ini membantu dalam mengurangi kompleksitas dan membuat perangkat lunak lebih mudah dimengerti.
  3. Kohesi dan Keterhubungan: Kohesi merujuk pada tingkat konsistensi dan keterkaitan antara elemen-elemen dalam suatu modul. Keterhubungan mengacu pada bagaimana berbagai modul berinteraksi satu sama lain dengan jelas dan terkoordinasi.
  4. Pengembangan Berorientasi Objek (Object-Oriented Development): Pendekatan berorientasi objek melibatkan pemodelan perangkat lunak berdasarkan konsep objek seperti kelas, objek, pewarisan, dan polimorfisme. Ini memungkinkan struktur yang lebih terorganisir dan memudahkan pemeliharaan dan perubahan.
  5. Reusabilitas: Desain perangkat lunak harus memungkinkan bagian-bagian dari perangkat lunak yang telah dikembangkan sebelumnya dapat digunakan kembali dalam proyek-proyek lain. Ini menghemat waktu dan usaha pengembangan. Pengelolaan Kompleksitas: Desain perangkat lunak bertujuan untuk mengatasi kompleksitas dengan memecahnya menjadi elemen-elemen yang lebih kecil dan lebih mudah dikelola.
  6. Skalabilitas: Perangkat lunak harus dirancang dengan kemampuan untuk diukur secara horizontal (ditambahkan lebih banyak sumber daya) atau vertikal (ditingkatkan kapasitas sumber daya) sesuai dengan pertumbuhan dan perubahan kebutuhan.
  7. Kinerja: Desain perangkat lunak harus mempertimbangkan aspek kinerja seperti kecepatan eksekusi, penggunaan memori, dan responsivitas terhadap permintaan pengguna.
  8. Antarmuka Pengguna (User Interface, UI): Desain antarmuka pengguna harus mengutamakan pengalaman pengguna yang baik dan intuitif, sehingga pengguna dapat berinteraksi dengan perangkat lunak dengan mudah.
  9. Pengujian: Desain perangkat lunak harus mempertimbangkan rencana pengujian yang baik untuk memastikan bahwa perangkat lunak berfungsi sesuai dengan yang diharapkan dan bebas dari cacat.
  10. Pengelolaan Kompleksitas: Desain perangkat lunak bertujuan untuk mengatasi kompleksitas dengan memecahnya menjadi elemen-elemen yang lebih kecil dan lebih mudah dikelola.

             

5 Comments

  1. Time Wires Celebs

    Hi Neat post There is a problem along with your website in internet explorer would test this IE still is the market chief and a good section of other folks will pass over your magnificent writing due to this problem

    Reply
  2. pxhsspkk

    I am not sure where youre getting your info but good topic I needs to spend some time learning much more or understanding more Thanks for magnificent info I was looking for this information for my mission

    Reply
  3. firestickdownloader

    Hi i think that i saw you visited my web site thus i came to Return the favore I am attempting to find things to improve my web siteI suppose its ok to use some of your ideas

    Reply
  4. qweqtt

    My brother suggested I might like this website He was totally right This post actually made my day You cannt imagine just how much time I had spent for this information Thanks

    Reply
  5. Temp mail

    I subscribed to this wonderful website recently, they make outstanding content for followers. The site owner is gifted at engaging readers. I’m delighted and hope they continue their splendid skills.

    Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cari

Kategori Artikel