Mengenal Kriptografi beserta Penjelasannya

by | Jul 17, 2023 | Blog, Hacking Lab, Modul, Others, Pemrograman, Teknologi | 0 comments

Apa yang di maksud dengan kriptografi?

Kriptografi adalah bidang yang menyelidiki metode matematika yang berkaitan dengan keamanan data. Contohnya seperti  kerahasiaan, kredibilitas, integritas, dan autentikasi data; namun, kriptografi tidak dapat menyelesaikan semua masalah keamanan data.

 

Mengenal Kriptografi, Apa yang di maksud dengan kriptografi ?

mengenal-kriptografi

Jenis kriptografi ini memungkinkan berbagai teks penting untuk tetap rahasia dan otentik, memungkinkan pihak yang berkorespondensi untuk saling menaruh kepercayaan. jika metode pembuatan kriptografi bocor ke pihak yang tidak diinginkan. Kriptografi adalah teknik dan seni Melindungi kerahasiaan informasi.. dengan enkripsi dan dekripsi, dua prosedur utama dalam kriptografi. Ini adalah definisi masing-masing:

  • Enkripsi adalah proses mengubah pesan biasa (yang dapat dibaca) menjadi pesan cipher (yang tidak dapat dibaca).
  • Dekripsi Ini adalah kebalikan dari enkripsi. Ini mengubah teks cipher menjadi teks biasa dengan menggunakan kunci dan algoritma pembalik yang sama.

Tujuan Kriptografi

  • Kerahasiaan dengan layanan yang berfungsi untuk menjaga informasi yang disimpan. Kerahasiaan diberikan kepada semua orang. Tentu saja, kecuali Anda memiliki otoritas atau kunci rahasia untuk membuka informasi yang relevan dengan kata sandi yang tepat.
  • Integritas Data: Tujuan kedua adalah untuk mencegah manipulasi data atau pemalsuan data, seperti upaya hacker yang tidak bertanggung jawab. Untuk menjaga integritas data, diperlukan suatu sistem yang dapat mengidentifikasi manipulasi data yang dilakukan pihak lain. Manipulasi ini dapat berupa penyisipan, penghabusan, atau  penggantian data atau substitusi data..
  • Autentikasi: Dalam kriptografi, mengacu pada pengenalan atau identifikasi, baik untuk komponen sistem atau hanya informasi itu sendiri. Dalam hal ini, semua pihak yang berkomunikasi harus memperkenalkan diri. Informasi diri yang dikirim melalui kanal harus divalidasi. Yakni, mencakup informasi seperti isi data, waktu pengiriman, dll.
  • Non Repudiasi Anti-Repudiasi, tujuan keempat. Ini dilakukan untuk menghindari pihak yang mengirim menyangkal informasi. Penyangkalan bahwa pesan itu dikirim oleh pihak yang ditunjuk.

Jenis – Jenis Kriptografi

  • simetris dan kriptografi polyalphabetic adalah kriptografi simetris. Cipher bukit atau kode bukit adalah istilah lain yang populer untuk kriptografi jenis ini.
  • Asimetris: Jenis kriptografi berikutnya menggunakan dua jenis kunci. sementara kunci rahasia yang hanya dapat dilihat oleh orang tertentu adalah kunci privasi atau kunci eksklusif. tertentu, kunci publik bersifat global dan tidak dirahasiakan sehingga dapat dilihat oleh siapa saja.
  • Kriptografi hibrid adalah jenis kriptografi yang dirancang untuk mengatasi ketidakcocokan antara kenyamanan dan kecepatan. Diketahui bahwa semakin aman sistem, semakin tidak nyaman juga.

Artikel Sebelumnya :

Referensi

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cari

Kategori Artikel