ADMINISTRASI INFRASTRUKTUR JARINGAN

by | Aug 7, 2023 | Jaringan, Mikrotik, Sistem Komputer, Teknologi | 0 comments

Pengertian Administrasi Infrastruktur Jaringan

             Yaitu Bagian dari tugas administrator jaringan adalah administrasi jaringan komputer, yang mencakup manajemen berbagai hal yang berkaitan dengan jaringan komputer. Administrator infrastruktur jaringan ini sangat penting untuk memenuhi kebutuhan pengguna seperti jaringan internet, firewall, dan kebutuhan lain yang berkaitan dengan internet.

 

iam-roles

Fungsi Administrasi Infrastruktur Jaringan

Administrasi infrastruktur jaringan memiliki beberapa fungsi yang berperan penting:

  • Melindungi Jaringan: Adanya administrator jaringan akan membantu menjaga jaringan komputer aman. Administrator bertanggung jawab untuk memastikan bahwa jaringan tersebut aman dan tersedia untuk orang-orang yang membutuhkannya. Administrator juga menjaga keamanan komputer dan jaringan. Komputer atau perangkat yang digunakan harus aman dan tidak terkontaminasi oleh virus dan malware. Salah satu upaya untuk membantu keamanan komputer adalah menggunakan antivirus, tetapi harus digunakan dengan benar dan tetap dipantau.
  • Melakukan Update Berkala : update secara berkala adalah tanggung jawab seorang administrator, dan ini sangat bermanfaat. Dengan demikian, update yang dimaksud di sini harus mencakup perbaikan keras dan perangkat lunak jaringan yang harus dilakukan secara berkala. Pembaruan perangkat harus sesuai dengan keadaan. Sebagai contoh, perangkat jaringan tersebut harus diganti dengan kapasitas penyimpanan yang lebih besar karena kapasitasnya hampir penuh. Proses update ini dapat mempengaruhi hal lain, itulah sebabnya biasanya ada perbaikan.
  • Mengatasi Troubleshooting : Masalah atau masalah akan selalu muncul dalam jaringan. Ini adalah keuntungan adanya administrator karena akan memperbaiki masalah. Tergantung pada masalah yang muncul, prosesnya bisa cepat atau lama. Namun, kasus troubleshooting ini biasanya terjadi karena gangguan internet atau kerusakan pada komponen komputer. Oleh karena itu, administrator harus memiliki keterampilan jaringan yang lebih luas daripada administrator lainnya.
  • Melakukan Manajemen Backup : Seorang administrasi jaringan juga dapat melakukan backup file server secara teratur. Backup ini digunakan untuk mempersiapkan diri untuk keadaan yang tidak diinginkan seperti kerusakan data atau bencana alam.
  • Mengedalikan User Account: Di sini, pengendalian yang dimaksudkan adalah pembuatan dan pengaturan user account oleh administrasi infrastruktur jaringan; biasanya, user akan dibagi menjadi dua kategori: local user account dan domain user account.

 

Artikel Lainnya :

Referensi

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cari

Kategori Artikel