Apa Itu MQTT ? dan Apa Saja Karakteristik dari MQTT

by | Aug 31, 2023 | Blog, FOSS, Mikrokontroller | 2 comments

MQTT (Message Queuing Telemetry Transport) adalah protokol komunikasi yang ringan dan berorientasi pesan yang dikembangkan untuk aplikasi yang membutuhkan pertukaran data berkecepatan tinggi dengan kebutuhan bandwidth dan penggunaan daya yang rendah. MQTT sering digunakan dalam Internet of Things (IoT), sensor, dan aplikasi M2M (Machine-to-Machine) karena kemampuannya untuk mengirim data dengan efisien melalui jaringan yang memiliki keterbatasan.

Apa Itu MQQT ? dan Karakteristiknya

apa-itu-mqqt

Berikut beberapa karakteristik utama dari MQTT:

  • Ringan: MQTT dirancang untuk memiliki overhead yang sangat rendah dalam hal penggunaan bandwidth dan penggunaan daya. Ini membuatnya ideal untuk perangkat dengan sumber daya terbatas, seperti sensor IoT.

  • Protokol Publisher-Subscriber: MQTT menggunakan model komunikasi publikasi-langganan di mana ada broker MQTT yang mengelola aliran pesan antara penerbit (publisher) dan pelanggan (subscriber). Ini memungkinkan perangkat untuk berlangganan ke topik (topics) tertentu dan menerima pesan yang diterbitkan ke topik tersebut.

  • Quality of Service (QoS): MQTT mendukung tiga tingkat QoS yang berbeda, yaitu 0, 1, dan 2, yang memungkinkan pengguna untuk memilih tingkat keandalan pengiriman pesan sesuai dengan kebutuhan aplikasi.

  • Last Will and Testament (LWT): MQTT mendukung pesan “Last Will” yang memungkinkan klien untuk mengirim pesan terakhir kepada broker MQTT jika klien tersebut tiba-tiba terputus.

  • Retained Messages: MQTT memungkinkan broker untuk menyimpan pesan terakhir yang diterbitkan pada topik tertentu, sehingga pesan ini dapat diterima oleh pelanggan yang baru bergabung.

  • Session Management: MQTT dapat menjaga sesi klien, yang memungkinkan klien untuk mempertahankan status mereka ketika mereka terputus dan kemudian tersambung kembali ke broker.

  • Topik Berbasis Subscribing: Klien dapat berlangganan ke topik tertentu, yang memungkinkan mereka untuk menerima pesan hanya untuk topik-topik yang mereka minati.

  • Kemampuan Retransmisi: MQTT memungkinkan klien untuk melakukan retransmisi pesan jika pesan tidak sampai ke tujuan.

Karena sifatnya yang ringan, efisien, dan memiliki kemampuan keandalan, MQTT banyak digunakan dalam implementasi komunikasi IoT dan aplikasi M2M di mana perangkat-perangkat yang tersebar luas harus bertukar data dengan cepat dan efisien melalui jaringan yang mungkin memiliki keterbatasan.

Artikel Sebelumnya :

Referensi

2 Comments

  1. puravive reviews

    This stage is incredible. The magnificent information uncovers the manager’s excitement. I’m shocked and anticipate additional such mind blowing substance.

    Reply
    • howtalliss

      I just could not depart your web site prior to suggesting that I really loved the usual info an individual supply in your visitors Is gonna be back regularly to check up on new posts

      Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cari

Kategori Artikel